Musim semi dan musim panas menjadi favorit untuk menghabiskan  liburan bersama keluarga atau bersama pasangan. Tapi sebenanrnya  musim dingin pun mengasyikan untuk liburan. Bukan hanya untuk  mereka yang tinggal di negara bagian dengan dua musim yang ingin berlibur sambil menikmati keindahan salju. Untuk penduduk negara bagian empat musim pun dapat berlibur menikmati  pemandangan musim dingin yang berbeda. Ada beberapa tempat yang menarik dan dapat dicoba berlibur ke sana. Seperti di Colorado, Oregon dan Maine.

ESTES PARK DAN STEAMBOAT SPRINGS, COLORADO

Estes Park terletak di tepi bagian timur Rocky Mountain National Park di Colorado. Sangat menawan dengan alamnya yang indah dan satwa liar yang dibiarkan berkeliaran di antara kabin-kabin penginapan. Saat musim dingin, setelah kita selesai berkeliling melihat pemandangan alam atau berolahraga seperti ice skating, snowshoeing dan naik kereta luncur, kita dapat beristirahat dalam kehangatan kabin yang dilengkapi dengan perapian dan jacuzzi.

Steamboat Springs

Bagi yang kurang menyukai snowshoeing atau ice skating, ditawarkan juga snow hiking, yaitu jalan-jalan melewati Lily Lake,Sprague Lake atau Bear Lake Nature Trail. Agar hiking tetap menyenangkan, jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh dan dilengkapi dengan pakaian dan peralatan musim dingin yang memadai. Pemandangannya sungguh menakjubkan. Danau yang berkilau ditutup hamparan es dengan naungan langit yang biru. Kita juga dapat melihat rusa-rusa atau domba bighorn berkeliaran di sekitarnya.

Salah satu kota di Colorado yang kaya sejarah dan indah di kelilingi oleh pegunungan adalah Steamboat Springs. Dan menurut kabar, salah satu gunungnya merupakan gunung terbesar dan terbaik untuk ski di Amerika. Kota ini berada di lembah Yampa di Colorado utara. Di kota ini selain terkenal sebagai tempat ski yang menyenangkan juga memiliki sumber-sumber pemandian air panas geothermal yang banyak diminati pengunjung. Salah satunya, Strawberry Park Hot Springs.

Kota ini memiliki dua area ski, Steamboat Ski Resort dan Howelsen Hill, area ski tertua yang selalu menjadi pilihan para penggemar ski di Colorado. Saat musim dingin, kita dapat melihat pemandangan yang indah di sungai Yampa sambil bertubing, yaitu meluncur menuruni lereng gunung dengan menaiki ban pelampung. Di sekitaran juga terdapat tiga taman yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Stagecoach State Park, Pearl Lake State Park dan Steamboat Lake State Park.

CANNON BEACH DAN SISTERS, OREGON

Cannon Beach dan Sisters, Oregon

Cannon Beach adalah kota pantai kecil di barat laut Oregon. Ia dikenal karena pantai pasirnya yang panjang. Dikelilingi oleh tempat-tempat yang indah seperti Ecola State Park di bagian utara yang menawarkan  pemandangan teluk dan mercusuar, Pantai Arcadia di bagian selatan dengan kolam air pasang, serta Hug Point yang memiliki gua-gua laut. Di Hug Point juga banyak terdapat butik-butik dan galeri. Di tengah laut berdiri Haystack Rock yang merupakan surga musiman bagi jenis burung laut, Tufted Puffin. Selain burung laut, penampakan satwa liar jauh lebih banyak di musim dingin seperti kawanan rusa Roosevelt, burung elang Bald Eagles, dan kawanan ikan paus abu-abu yang muncul antara pertengahan Desember dan pertengahan Januari.

Saat musim dingin, Cannon Beach merupakan tempat liburan yang tenang. Jika menginap dengan pemandangan pantai, maka akan melihat gelombang pantai yang tinggi yang menabrak dan memecah bebatuan di sekitarnya. Air yang tertutup es di beberapa tempat dan salju yang tak terlalu tebal akan terlihat gemerlap ditimpa sinar matahari ketika siang hari. Di sini sering diadakan acara musik dan teater sepanjang tahun. Termasuk festival seni dan wine tasting.

Sisters atau disebut juga Sister Country merupakan kota yang terletak di pegunungan Cascade yang indah di Central Oregon. Dengan dikelilingi danau, sungai, gunung, yang merupakan surga bagi para pejalan kaki, pengendara sepeda, pemancing ikan, pendayung, penunggang kuda, pengamat burung bahkan untuk pengemar olahraga musim dingin. Karena itulah tiap tahun kota ini tak pernah sepi dari wisatawan.

Di sini terdapat area ski Hoodoo yang merupakan pusat olahraga musim dingin di Oregon. Areanya seluas lebih dari 800 hektar dan menjadi area bermain tubing terbesar di belahan barat Amerika. Surga bagi mereka  yang gemar ski, dog teams, snowmobile, snowshoeing serta tubing. Bagi yang menyenangi hiking, terdapat dua jalur North dan South Loop yang mengarah keluar dari Benson Sno Park. Pemandangan yang indah dan jarak jalan yang tidak terlalu jauh ini pantas dicoba.

Sisters, Oregon

KENNEBUNKPORT DAN THE NUBBLE LIGHTHOUSE, MAINE

Kennebunkport adalah kota pantai di Maine selatan. Selain terkenal akan pantainya-pantainya termasuk Pantai Goose Rocks, kota ini juga memiliki tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. The Seashore Trolley Museum yang merupakan museum yang menampilkan koleksi trem (kereta untuk transportasi dalam kota) yang tertua dan terbesar koleksinya. Kemudian Gereja Episkopal St. Ann yang merupakan gereja batu dengan pemandangan laut, serta Goat Island Lighthouse yang dibangun tahun 1833 yang berlokasi di Cape Porpoise.

Cape Neddick

Yang menarik adalah jika kita mengunjungi akhir Januari sampai akhir Februari maka kita akan melihat bentuk hati dari berbagai ukuran berwarna merah menyala menempel di penjuru kota ini. Mereka  menyebutnya Paint the Town Red. Kegiatan ini dimulai belum lama, yaitu tahun 2015 dalam rangka merayakan bulan kasih sayang. Sangat indah dan kontras menyatu dengan salju. Dan akan banyak penawaran harga khusus di penginapan, restoran serta toko-toko.

The Nubble Light atau Nubble Lighthouse merupakan mercusuar di pesisir kota York, Maine. Dari lokasi Mercusuar ini kita dapat melihat pemadangan yang indah. Saat cuaca bagus, banyak yang menghabiskan  waktu untuk melukis, memancing, menyelam atau sekedar bersantai. Pada mulanya mercusuar ini dibangun untuk para pelaut dan nelayan. Karena di sekitarnya merupakan pantai berbatu yang cukup berbahaya bagi mereka, maka dibangunlah mercusuar untuk menerangi mereka mencari nafkah yang konstruksinya selesai di tahun 1979.

The Nubble Lighthouse, berdiri gagah di atas batu besar di pantai York. Tingginya 41 kaki dan 88 kaki di atas permukaan laut. Waktu yang paling mengesankan liburan di kota York adalah sekitar Desember ketika kota ini menyalakan mercusuar Nubble untuk perayaan Natal sehari setelah Thanksgiving. Lampu akan menyala setiap senja hari sejak saat itu sampai minggu pertama bulan Januari. (1004/foto:istimewa)

Foto Cover: Estes Park dan Steamboat Springs, Colorado