Apa itu Real ID?

Real ID adalah kartu identifikasi terbaru yang diterbitkan oleh California DMV (Department of Motor Vehicle). Kartu ID ini syarat untuk mendapatkannya adalah dengan bukti identitas / kependudukan. Kartu ini memenuhi standar identifikasi yang baru dari pemerintah federal.

Mengapa saya butuh Real ID?

Efektif per tanggal 1 Oktober 2020, Anda akan membutuhkan Real ID untuk hal-hal berikut:

Memasuki basis-basis militer atau fasilitas-fasilitas federal berpengamanan tinggi.

Apakah saya harus membuat perjanjian untuk mendapatkan Real ID? Bagaimana saya membuat perjanjian?

Anda memang tidak harus membuat perjanjian dahulu, tetapi sangat disarankan. Anda bisa membuat perjanjian di website DMV.

Bisakah saya langsung datang ke kantor DMV tanpa perjanjian terlebih dahulu?

Bisa, tetapi Anda sangat disarankan membuat perjanjian terlebih dahulu.

Kapan jam kantor DMV?

Jam kantor DMV adalah dari jam 8 pagi sampai 5 sore, Senin sampai Jumat. Kantor DMV buka jam 9 pagi pada hari Rabu. Beberapa kantor DMV tertentu buka pada hari Sabtu.

Apakah saya harus menunggu sampai ID saya yang sekarang hampir habis masa berlakunya, ataukah saya bisa mendapatkan Real ID lebih cepat?

Jika Anda berencana naik pesawat setelah tanggal masa berlaku habis ID Anda yang sekarang, maka Anda sebaiknya membuat perjanjian dan mendapatkan Real ID sebelumnya. Jika Anda memiliki paspor, Anda bisa memakainya untuk bepergian setelah Oktober 2020, lalu mengajukan Real ID saat sudah waktunya memperbarui ID Anda yang sekarang.

Dokumen apa saja yang musti saya bawa saat perjanjian?

Untuk mendapatkan Real ID, Anda harus membawa dokumen-dokumen berikut ke kantor lapangan DMV:

Bukti identitas, termasuk salah satu dari hal-hal berikut: asli atau legalisir akte kelahiran Amerika, paspor Amerika, surat kuasa dari pekerjaan, kartu permanen resident atau paspor asing yang masih berlaku dengan visa Amerika yang sah dan formulir I-94 yang sah. Tidak menerima fotokopi.

Bukti nomor Social Security, termasuk kartu Social Security, W-2 atau paystub dengan SSN penuh. Harus asli atau legalisir dan tidak menerima fotokopi.

Dua jenis dokumen kependudukan – alamat rumah, seperti tagihan listrik atau tagihan ponsel, STNK, kesepakatan KPR atau sewa, rekening bank atau dokumen pajak properti.

CATATAN: Dokumen-dokumen kependudukan harus menampilkan nama pemohon dan menampilkan alamat yang SAMA dengan yang akan tertera di SIM Real ID federal atau kartu identitas federal.

Apakah ada alternatif lain selain Real ID yang bisa saya pakai untuk bepergian?

Anda boleh memakai paspor Amerika yang sah atau kartu paspor Amerika, ID militer atau identifikasi lain yang disahkan federal untuk bepergian setelah 1 Oktober 2020, apabila Anda tidak memiliki Real ID.