Pendaki cilik asal Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan,J awa Timur, Arya Cahya Mulyana (6), berhasil menuntaskan perjalanan pertamanya menaklukkan 10 gunung di Indonesia. Arya bersama timnya sukses menaklukkan Gunung Ciremai (2900 dpl), Jawa Barat.

Keberangkatan anak pasangan Agus Sugianto dan Tri Yuli Mulyanti ini dilepas langsung Bupati Pamekasan Kholilurrahman. Dia didampingi lima orang yang tergabung dalam tim Ekspedisi Cahaya Merdeka termasuk orang tua Arya, yakni Agus Sugianto. Empat anggota lain adalah Akhmad Kusnindar, Tri Yuli Mulyanti, Jelang Prahara Surya dan Zainal Abidin. Semuanya warga Pamekasan.

“Kalau sudah mendaki ke 10 gunung di Indonesia,saya ingin mendaki ke gunung salju,”ungkap Arya. Ayah Arya, Agus Sugianto, 41,menceritakan, sejak awal pendakian pada Sabtu (14/5) sekitar pukul 09.00 WIB hingga tiba kembali di Pos I, kondisi Arya sangat baik. Begitu juga dengan adiknya, Sherina (3), yang juga ikut mendaki. Sherina yang digendong ibunya terlihat sehat. Dia menambahkan, selama perjalanan menaklukkan Gunung Ciremai, tidak ada hambatan berarti selain kondisi cuaca yang buruk. Curah hujan yang tinggi dan berkabut membuat perjalanan agak terganggu.

Tim terpaksa sering mengenakan jas hujan untuk melindungi diri dari dingin dan basah. “Sejak berangkat dari Pos I, hujan terus turun.Kondisi medan berkabut,” kata dia. Kendati demikian, tim terus melanjutkan perjalanan sesuai dengan jadwal meski beberapa kali sempat berhenti untuk membuat bivak (tenda darurat) karena hujan deras datang.

Dimulai dari Ciremai, Arya dan Ekspedisi Cahya Merdeka akan mendaki gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Slamet, Sindoro, Sumbing. Selanjutnya Gunung Lawu (Jawa Timur) dan Gunung Rinjani (Lombok). Juga gunung Agung di Bali. Tim kemudian direncanakan kembali ke Jawa Timur dan mendaki Gunung Welirang dan Arjuno. Puncak perjalanan Arya yaitu mendaki puncak Semeru pada 21 Agustus mendatang. Gunung Semeru adalah Gunung yang cukup sulit untuk anak seusia Arya. Seperti yang telah diketahui, di puncak Mahameru inilah tokoh pemuda Soe Hok Gie tewas pada usia 27 tahun, 18 Desember 1969.

Tak banyak bocah di dunia yang menaklukkan gunung. Namun, ada seorang fenomenal yang berhasil menaklukkan puncak-puncak gunung tertinggi di dunia. Dia adalah Matt Moniz, 12. Bocah asal Boulder, Colorado, Amerika Serikat ini sudah mendaki 50 gunung di Amerika Serikat. Matt bahkan sudah mematok target menaklukkan Tujuh Puncak Gunung Tertinggi di Muka Bumi (Seven Summit).

Sejak April 2007 dia tercatat sudah menapakkan kakinya di gunung tertinggi di dunia,Everest. Saat itu dia baru berumur 9 tahun. Sejauh ini dia mencatatkan dirinya sebagai manusia termuda yang sudah menyentuh puncak Gunung Elbrus di Rusia (Juni 2008),Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika (Juni 2008), Gunung Aconcagua di Pegunungan Andes, Argentina (Desember 2008). Atas rekam jejaknya tersebut, dia menjadi nominator Adventurer of the Year (2010) dari National Geographic.

Untuk share artikel ini klik
www.KabariNews.com/?36789

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :