KabariNews –  Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) atau pekerja yang berintegritas, high motivation, tangguh dan berkompeten di bidang pekerjaannya, merupakan impian bagi seluruh perusahaan, begitu pula Bank BRI. Sehubungan dengan hal tersebut, di akhir tahun 2015 lalu, Bank BRI mendirikan BRI Corporate University.

Menurut Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso, BRI Corporate University merupakan wujud peningkatan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kompetensi SDM BRI melalui program pendidikan yang berkualitas dan selaras dengan kebutuhan pengembangan bisnis dalam rangka mendukung sasaran strategis perusahaan.

Peningkatan komitmen tersebut kemudian di implementasikan dalam program pendidikan yang fokus pada bisnis perusahaan, yang terbagi dalam 6 Akademi, yakni Micro Banking Academy, Retail and Consumer Banking Academy, Wholesale Banking Academy, IT Operation and Support Academy, Leadership and Human Capital Academy serta Subsidiary Management Academy.

Hari Siaga menuturkan dalam siaran pers BRI, Rabu, (27/4) , BRI Corporate University juga memiliki Pengajar (Lecturer) tetap dan para praktisi yang kompeten, profesional dan berpengalaman pada masing-masing bidang Akademi. “Total ada 456 orang yang mendukung operasional BRI Corporate University, yang terdiri dari 239 orang learning designer & lecturer dan 217 orang penyelenggara pendidikan,” ujar Hari Siaga.

Saat ini, BRI Corporate University memiliki 1 (satu) Main Campus yang berlokasi di Jakarta serta 7 (tujuh) Campus yang berlokasi di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar, yang dibangun dengan konsep Digitalize Infrastucture. Setiap Campus didukung dengan sarana & prasarana pendidikan yang modern dan lengkap meliputi Kelas, Asrama, Teknologi Pendidikan, Sarana Olahraga serta sarana pendukung lainnya.

“Pendidikan yang diselenggarakan di Campus kota-kota besar tersebut, didominasi oleh pendidikan yang berkaitan dengan Bisnis Mikro sebagaimana fokus bisnis Bank BRI selama ini,” tutur Hari Siaga.

Bisnis Mikro sebagai produk unggulan mempunyai Learning Program (Syllabus dan Teaching Materials) yang berkualitas dan terstruktur serta dilengkapi dengan Dummy Bank sebagai sarana praktek dalam pendidikan. “Makanya, Campus kami sering dijadikan objek kunjungan studi banding (Benchmarking) Lembaga Pendidikan yang berasal dari bank lain, baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ungkap Hari Siaga.

Lebih lanjut Hari Siaga mengatakan, pihaknya optimis, dengan adanya BRI Corporate University ini, kualitas SDM yang dimiliki Bank BRI tidak kalah dengan SDM yang berasal dari perusahaan multinasional sekalipun. “Keberadaan BRI Corporate University juga menjadi salah satu modal bagi kami untuk menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan secara efektif pada tahun ini,” pungkas Hari Siaga. (1009)