KabariNews – Resep merawat kulit wajah, dengan masker alami yang bisa Anda buat sendiri.

Ingin cantik tapi mahal, sekalinya murah pasti repot, ungkapan ini sering kali kita dengar atau bahkan kita sendiri pernah mengalaminya. Ya, cantik memang perlu proses dan perjuangan, karena itu jangan heran biaya perawatan kecantikan tidak murah.

Isi dompet pas-pasan bukan alasan untuk tidak tampil bersih dan menawan. Ibarat pepatah mengatakan, ‘tak ada rotan kayu pun jadi’ sama halnya tidak bisa ke salon atau klinik perawatan wajah, bahan alami pun bisa dimanfaatkan untuk mempercantik dan merawat wajah.

Buah, sayuran dan bumbu dapur sejak dulu dipercaya menjadi bahan perawatan yang berkhasiat. Berbagai produk perawatan wajah dari harga murah sampai harga mahal pun faktanya masih menggunakan ekstrak dari buah, sayuran dan bumbu dapur. Terbukti bukan, bahan-bahan alami berkhasiat. Selain memberikan asupan vitamin tinggi dan berserat, buah juga memiliki khasiat baik bagi kulit wajah. Penasaran bagaimana membuatnya? Mari intip bahan dan cara pembuatannya.

Masker tomat dan putih telur

Hancurkan sebuah tomat tambahkan 1 sendok makan putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih. Lakukan setiap 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang halus.

Masker Mengkudu

Kupas satu buah mengkudu lalu hancurkan. Campur dengan 1-2 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan kulit terasa kencang. Bersihkan dengan air hangat di lanjutkan dengan air dingin. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk mereka yang berkulit cenderung kering.

Masker Bengkuang

Kupas buah bengkuang (yang kecil saja) lalu parut , oleskan pada wajah lalu diamkan 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu, dan sangat di ajurkan bagi mereka yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan.

Masker Jeruk Nipis
Cuci bersih sebuah jeruk nipis lalu iris. Peras airnya untuk diminum. Usapkan kulit bagian dalam jeruk nipis ke wajah yang sudah bersih. Baik di gunakan untuk mengontrol minyak berlebihan pada wajah.

Masker Metimun

Siapkan ½ buah timun, 1 sdt perasan air lemon, 1 sdt air perasan daun mint. Masukkan semua bahan ke dalam blender, tempatkan dalam botol kecil dan dinginkan dalam lemari es. Setelah sekitar 10 menit, keluarkan lalu bubuhkan pada wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat lalu di ikuti air dingin. Gunakan masker ini secara teratur 1 minggu sekali. Masker ini ampuh untuk menghilangkan komedo yang membandel di wajah.

Masker Apel

Potong 1 buah apel menjadi 4 bagian, lelu blender sampai lumat. Tuangkan dalam botol kecil lalu tambahkan madu, aduk hingga rata. Masukkan botol tersebut ke dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit. Setelah cukup dingin, keluarkan dan bubuhkan masker tadi pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan air sampai bersih.

Masker Pisang

Lumatkan 1/2 potong buah pisang, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan segarkan kemudian dengan air dingin. Lakukan secara teratur dan kulit Anda akan tampak lebih mulus serta bersih. Masker ini juga sekaligus dapat membantu Anda untuk mengatasi kerutan pada wajah.

Masker Nanas

Campurkan jus nanas dan air santan secukupnya dalam mangkuk kecil, lalu aduk rata. Setelah itu, aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit sampai mengering sendiri. Bilas wajah Anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Nanas bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit agar senantiasa halus dan tampak lebih cerah.

Masker Anggur

Potong buah anggur menjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan tersebut (dengan bagian yang berair bersentuhan dengan kulit wajah) pada wajah sampai leher, serta pastikan area yang mulai menampakan kerut tak terlewatkan. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih, lalu keringkan. Masker ini bermanfaat untuk menghilangkan kerutan pada wajah hingga leher. Lakukan setiap hari sekali untuk mendapatkan hasil sesuai harapan Anda.

Masker Kentang

Atasi lingkaran hitam di bawah mata karena kurang tidur. Siapkan kentang, kupas lalu bersihkan dengan air matang, parut kentang dan tempatkan hasil parutan dalam sebuah kain berpori. Ikat kain berpori dengan ukuran profesional untuk di letakkan di area bawah mata. Letakan kain berpori pada area dengan lingkaran hitam tersebut, dan biarkan selama 15- 20 menit. hindari rembesan air kentang mengenai mata.

Masker Belimbing wuluh

Atasi jerawat dengan belimbing wuluh. Siapkan 6 buah belimbing wuluh dan ½ sendok teh bubuk belerang di giling halus. Campur dan remas, lalu tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, kemudian gosokan pada area yang dihinggapi jerawat. Lakukan 2- 3 kali sehari.

Masker Semangka

Bebas noda hitam pada wajah. Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu giling menjadi bubuk. Masukan dua sendok makan serbuk kedalam jus yang terdiri dai satu batang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker, oleskan keseluruh wajah. Lakukan 2- 3 kali seminggu sampai kelihatan hasilnya. Selamat mencoba…