KabariNews – Pemerintah terus berupaya membenahi moda transportasi Ibu Kota, salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan kenyamanan bagi penumpang wanita. Bertepatan pada peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, PT Transjakarta meluncurkan transportasi massal khusus untuk wanita.

Busway pertama untuk wanita ini desainnya cukup menarik perhatian, selain warna yang mencolok dan identik dengan wanita, ada juga tulisan di sisi kanan kiri jendela sebagai motivasi bagi wanita, pada sisi jendela salah satu bus tertera tulisan ‘Habis Gelap, Terbitlah Terang’, dan di sisi lainnya bertuliskan ‘These Girls Are Smart’.

Tak hanya penumpangnya saja yang kaum hawa, PT Transjakarta juga menyiapkan supir wanita untuk mengemudi bus-bus khusus ini lengkap dengan petugas wanita di dalam bus. Agar lebih familiar bus gandeng ini diberi nama busway pink. Busway pink sengaja dihadirkan untuk memberikan kenyaman dan kesopanan, sekaligus menghindari segala hal yang mengarah pada pelecehan seksual.

Mira, salah satu penumpang mengaku nyaman dengan pelayanan busway baru ini, pasalnya ia tidak lagi berdesakan dengan penumpang pria. “Kalau naik bus ini lebih aman dan nyaman, ngga perlu desakan dengan penumpang pria. Tapi kalau bisa ditambah armadanya, jadi tidak perlu menunggu lama” paparnya pada Kabari.

Spesifikasi bus merek Scani sama dengan busway aktif pada umumnya yaitu memiliki 38 tempat duduk dan dapat menampung 80 penumpang berdiri. Sayangnya, busway pink masih sangat terbatas, yaitu baru ada 10 unit. Busway pink beroperasi di koridor 1 Blok M – Kota pukul 05.00 hingga 22.00 WIB setiap hari. Ke depannya selain armadanya akan ditambah, busway pink juga akan dioperasikan di beberapa koridor lainnya. (1001)