PPKM Darurat ditetapkan pemerintah akibat kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Imbas pemberlakuan PPKM Darurat ini pun salah satunya adalah penutupan mal dan pusat perbelanjaan.

Hal ini tentu memengaruhi roda bisnis Adelle Jewellery yang store-nya banyak berada di pusat perbelanjaan Jakarta. Adelle Jewellery untuk diketahui merupakan salah satu perusahaan retail perhiasan berlian asli Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2013 dengan membawa visi untuk mewujudkan keindahan seni perhiasan berkelas dunia.

Michael Chandra, CEO Adelle Jewellery, mengutarakan PPKM Darurat  sangat berdampak terhadap bisnis Adelle Jewellery karena pusat perbelanjaan ditutup. Namun tutupnya mal tidak lantas membuat bisnis berliannya terhenti. Adelle Jewellery pun menerapkan berbagai strategi penjualan, salah satunya melalui digital platform.

“Digital platform ini bisa menjangkau lebih banyak customer yang sedang kerja di rumah dan juga di seluruh Indonesia sehingga dengan biaya yang lebih kecil bisa menghasilkan dampak yang besar,” tuturnya.

Michael menambahkan Adelle Jewellery  banyak melakukan inovasi seperti melakukan the first jewellery auction secara online yang sebagian hasilnya disumbangkan untuk penyediaan tabung oksigen kepada yang membutuhkan.

Selain itu, Adelle Jewellery banyak melakukan live shopping secara online dimana pelanggan dapat menerima berbagai macam promosi spesial PPKM. Menerima shop from home bagi pelanggan yang ingin berbelanja di rumah dimana staf Adelle Jewellery melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan sebelum mengunjungi pelanggan selalu melakukan test SWAB antigen terlebih dahulu.

“Dengan melakukan berbagai macam strategi ini membuat kami masih bisa bertahan dan menghasilkan sampai sekarang,” tuturnya.

Tak dipungkiri penjualan online memang belum setinggi penjualan offline, akan tetapi benefit di online adalah bisa menjangkau seluruh orang di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan biaya yang jauh lebih murah.

“Memang saat ini penjualan Jewellery di online masih belum umum bagi masyarakat sehingga kami secara konsisten melakukan program-program tersebut,” kata Michael.

Dan kecenderungan masyarakat yang membeli lewat online masih menyukai product yang affordable dan yang dapat dipakai sehari-hari dengan kisaran harga masih di bawah 20 juta. Di masa PPKM ini masih banyak masyarakat yang berbelanja untuk tunangan maupun persiapan untuk pernikahan, kata Michael.

Kendati pandemi corona belum berkesudahan, Adelle Jewellery masih akan terus bertumbuh kedepan. Rencana, tambah Michael, Adelle Jewellery akan membuka dua store lagi di akhir tahun ini yaitu di Plaza Senayan Jakarta dan Deli Park Medan.

Sebelumnya Adelle Jewellery pernah menciptakan Adelle’s Live Wedding Festival #adelleslivefestival2020, yang merupakan pengalaman berbelanja secara virtual melalui live streaming dan menyediakan berbagai kebutuhan perhiasan pernikahan.

Adelle’s Live Wedding Festival #adelleslivefestival2020 hadir karena pandemi menyebabkan batalnya sejumlah acara pameran wedding. Adelle Jewellery mengerti bahwa ada banyak calon pengantin yang mengalami kesulitan dalam mempersiapkan hari pernikahannya. Salah satunya mencari kebutuhan perhiasan pernikahan, di lain sisi masih khawatir untuk keluar rumah. 

Michael menjelaskan terdapat banyak benefit live shopping dalam Adelle’ Live Wedding Festival  tersebut di antaranya bisa belanja dari mana saja tanpa perlu repot bepergian, bisa melihat produk asli secara langsung. Kemudian, terdapat pengalaman interaktif atau tanya jawab secara langsung.