Desainer muslim kenamaan Fia Prasetyahadi bersama Amanda Sotya Rusli membangun Casa Creativa Pro. Casa Creativa Pro adalah rumah produksi khusus produk fashion.

“Casa Creativa Pro ini berdiri karena memang jarang ada wadah yang memang membantu pelaku kreatif secara siklus yang lengkap dalam arti kata fashion ekosistemnya itu masih belum lengkap, jadi kita harap Casa Creativa ini bisa jadi pionir wadah yang bisa menyediakan siklus lengkap fashion ekosistem di Indonesia,” terang Amanda Sotya Rusli, Fashionpreneur.

fashion

Senada dengan Amanda, Fia Prasetyahadi, CEO dan Founder Casa Creativa Pro, mengatakan “Kami membangun perusahaan ini, karena ingin membantu pelaku UMKM khusus fashion, yang selama ini telah memiliki produk yang bagus tapi tidak punya sarana untuk mempromosikannya. Kami ingin membantu para pelaku UMKM agar usahanya berkembang.”

Fia melihat banyak pelaku UMKM mempunyai kreativitas yang istimewa, sayangnya kreativitas itu belum dilirik dan dilihat banyak orang sehingga produk mereka tidak dikenal.

“Saya ingin mengembangkan kreativitas yang belum tersentuh ini melalui wadah Casa Creativa Pro,” jelas Fia kepada KABARI.

Fia yang telah terjun sebagai desainer dalam 1 dekade terakhir menyadari bahwa produk fashion yang bagus, tidak diiringi dengan pemasaran yang efektif maka produk tersebut tidak akan dikenal publik.

Dengan produk mereka yang laku, maka kreativitas para pelaku UMKM akan terus meningkat.

“Saya sadar tantangan terbesar dalam bisnis fashion adalah pemasaran. Karena saya pernah merasakan fase sulitnya pemasaran, maka wadah Casa Creativa Pro sebagai solusi bagi pelaku UMKM dalam pemasaran produk mereka,” kata Fia.

fashion

Fia menambahkan, “Jadi kita disini Casa Creativa Pro hadir membantu dari A – Z istilahnya sampai pelaku UMKM butuh panggung, kita siapkan panggungnya dengan kita mengarahkan bukan berarti memberi semuanya terus tinggal berdiri, tetapi harus mengetahui prosesnya.”

Casa Creativa Pro memiliki program-program yang ditawarkan, lebih lanjut Fia menjelaskan program pertama Casa Creativa Pro ada pelatihan – pelatihan semacam kursus dulu untuk teman – teman yang ingin memulai bisnis di dunia fashion terus Casa Creativa Pro bantu mulai dari desain atau produkdi sampai akhirnya memasarkan.

“Iya di bidang fashion manajemen yang memang jarang, udah ada ya banyak macam kursus jahit tetapi di Casa Creativa Pro lebih fokus ke fashion manajemennya,” kata Fia.

Harapan ke depan semoga pelaku kreatif bisa survive membawa bangsa ini semakin maju ke depan khususnya di bidang fashion.