Indonesia adalah salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Maka tak heran kebanyakan orang menciptakan peluang yang cukup menjanjikan untuk pasar produk fashion muslimah.

Salah satu pelaku usaha yang jeli melihat kesempatan tersebut adalah Nurbaiti. Usaha Nurbaiti bergerak dalam bidang fashion terutama baju renang dengan spesifikasi sebagai produsen baju renang muslim.

Kepada KABARI, Nurbaiti bercerita awal dari ide menjual baju renang muslim ini berawal di tahun 2008 saat dirinya kesulitan untuk mencari baju renang untuk digunakan saat itu dan sulit mendapatkan baju renang kemudian ia mendapatkan sebuah brand yang cocok.

Berhubung punya hobi jualan, Nurbaiti pun tertarik untuk memasarkan brand tersebut lalu menjadi reseller. “Alhamdulillah selama menjadi reseller usaha kami berkembang sangat pesat sampai saya pun bisa ekspor ke Singapura pada saat itu,” tutur Founder Medina Sportwear ini.

Dari Singapura, Nurbaiti mempunyai buyer yang ingin customize. Namun permintaannya sangat spesifik yang kemudian sulit dipenuhi oleh rekannya. Dari sini berbekal pengalaman dan sudah mendapatkan beberapa langganan,ia pun akhirnya berkomitmen bertekad membuka konveksi dan brand sendiri dengan nama Medina Sportwear.

Nurbaiti tertarik dengan industri fashion modest sportwear ini karena menurutnya industri ini menjanjikan mengingat Indonesia itu adalah negara muslim terbesar di dunia, dan kemudian pemerintah telah bercita – cita menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim di dunia jadi pasar yang sangat besar buat dirinya menekuni fashion muslimah.

Nurbaiti menjelaskan mayoritas baju Medina Sportwear adalah baju renang terutama baju muslim tapi karena banyaknya permintaan, Nurbaiti juga mensuplay baju senam, baju atletik, kemudian baju untuk anak – anak juga untuk olah raga, lalu baju sport hijab untuk lari.

Medina Sportwear mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah dari kualitasnya karena Nurbaiti sangat selektif untuk memilih material yang digunakan. Kemudian juga desainnya yang selalu up to date. Pun dengan harganya yang terjangkau dan bisa juga di customize dengan kuantitas tertentu.

Untuk pemasaran dari produk Medina Sportwear, Nurbati mengatakan selama ini memanfaatkan dua jalur, ada toko offline di beberapa mal dan jualan di online shop. Selain juga selalu mengikuti pameran – pameran baik yang diselenggarakan oleh swasta maupun oleh pemerintah dan kemudian mempunyai beberapa reseller atau anggota member yang juga memasarkan produk Medina Sportwear.

“Alhamdulillah, Medina Sportwear sudah menjangkau ke seluruh Indonesia, kita juga sudah mengekspor ke Singapura, Malaysia, juga ke Amerika Serikat. Awalnya sudah bagus karena kita sudah punya pelanggan sebelumnya, jadi saat kita buat dengan brand sendiri mereka sudah sangat menerima, malah mereka selalu tanya lagi, ada model yang lain tidak, karena yang lama sudah rusak atau sudah jelek harus ganti, Alhamdulillah banyak customer yang setia,” tuturnya.

Soal rencana ke depan, Nurbati berharap Medina Sportwear bisa menjadi brand yang pilihan terbaik untuk pakaian olah raga muslim di Indonesia. Bisa juga membawa harum nama Indonesia di pasar internasional kemudian juga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Sumber foto: Istimewa

Artikel ini juga dapat dibaca di Majalah Digital Kabari Edisi 194

Simak wawancara Kabari bersama Medina Sportwear disini.