Ayam Keprabon adalah sebuah restoran waralaba yang menjual berbagai masakan ayam, terutama ayam geprek. Restoran ini didirikan oleh Yonathan Sebastian dan istrinya, Renny Rantika di Solo pada 13 Juli 2015. 

Berawal dari satu outlet, Ayam Keprabon kini telah memiliki lebih dari 55 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Menjadi bukti Ayam Keprabon bukan usaha musiman karena telah bertahan lebih dari delapan tahun dan telah berhasil melewati Pandemi Covid -19. Ayam Keprabon pun menjadi salah satu restoran cepat saji yang populer di Indonesia. Ayam gepreknya yang pedas dan gurih menjadi daya tarik utama bagi para pelanggan.

Kepada KABARI  Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon membagikan cerita dan rahasia Ayam Keprabon sukses menjadi perusahaan makanan minuman lokal yang berkembang di Indonesia.

Latar belakang dari mendirikan usaha Ayam Keprabon?

Memiliki minat menggeluti bisnis F&B sejak kuliah walaupun puluhan kali mengalami kegagalan namun tidak menyurutkan semangat untuk tetap berbisnis  melihat  peluang yang ada dan juga factor pendorongnya adalah dikarenakan suami yang merupakan juga adalah owner dari Ayam Keprabon yaitu Yonathan Sebastian Liyanto memiliki kegemaran memasak maupun pecinta kuliner (makan) sehingga itu yang membuat beliau juga melihat peluang yang besar terhadap ayam geprek pada tahun 2015 itu.

Kemudian akhirnya kita mencoba untuk menyajikan bisnis ayam geprek yang berstandar dan tentunya memperhatikan ke higienis tempat karena saat itu bisnis ayam geprek rata-rata masih sangat standar baik dari tempat maupun  penyajiannya.

Kemudian nama keprabon alasannya pada awal cabang pertama itu berdiri pertama kali di daerah keprabon  yang mana artinya adalah tanah raja, yaitu membuat kami memberi nama Ayam Keprabon karena kami ingin memperlakukan customer kami sebagai raja yang layak untuk di treatment dengan baik mulai pelayanan maupun hasil olahan kami.

Apa yang membuat usaha ini menarik bagi Anda?

Karena tidak dipungkiri dalam berbisnis tentunya ingin mencari yang namanya keuntungan. Namun tidak hanya berhenti sampai disitu, melalui usaha ini saya bisa membantu banyak orang lewat membuka lapangan pekerjaan, kemudian saya juga bisa mensukseskan lebih banyak orang,

Kenapa bisa seperti itu? Karena dengan adanya bisnis Ayam Keprabon ini kita tidak hanya menyediakan lapangan pekerjaan, tapi kita juga memperhatikan sampai jenjang karirnya, bagaimana kualitas hidup dari karyawan kami dapat meningkat melalui usaha ini, sehingga usaha ini menjadi sangat menarik tidak hanya berbicara tentang laba tapi juga berbicara tentang panggilan hidup untuk dapat sukses tidak hanya sendiri, namun mensukseskan banyak orang melalui usaha ini.

Sejauh ini dengan banyaknya cabang bagaimana Anda melihat bisnis yang Anda jalankan sekarang ini?

Tidak dipungkiri masyarakat Indonesia menggemari olahan  ayam dan menyukai rasa yang pedas. Sehingga ini menjadi dasar kami percaya bahwa bisnis ayam geprek khususnya Ayam Keprabon merupakan bisnis yang longlast yang dapat bertahan asal kita terus melakukan inovasi dan mempertahankan kualitas, trend ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Produk yang dijual, best seller dan inovasinya?

Pada dasarnya produk utama yang kami jual adalah ayam geprek dengan menu best seller kami yakni salah satunya paket geprek blenger didistribusikan eksklusif ke seluruh cabang kami dimana kami pun mentreat mitra kami dengan baik dimana mereka membeli bahan baku ke pusat itu sudah terolah, sehingga keseragaman bahan baku, keseragaman rasa itu menjadi salah satu kunci bisnis kami bisa berjalan lebih dari 8 tahun kemudian kami juga melakukan inovasi yakni adalah sushi geprek dan juga melakukan inovasi produk krikil, yakni kremesan ayam pedas pertama di Indonesia yang kami distribusikan secara eksklusif  dioutlet-outlet kami dan kami juga menjualnya melalui marketplace seperti shopee maupun tokopedia dan juga di semua platform online.

Nilai tambah Ayam Keprabon dibanding usaha sejenis lainnya?

Valuenya kembali pada point tadi bahwa kita ingin dan berkomitmen memberikan treat terbaik kepada customer, sehingga apabila ditemukan adanya complain atau masalah maka tim kami akan segera dengan cepat dan sigap melakukan compliment dan mengatasi segala kekecewaan dari customer.

Kami juga menerima saran dan kritik itu merupakan hal yang mungkin bisa dikatakan sebagai value yang lebih dimana kita sangat mendengar customer, begitu pula kita juga selalu berkomitmen untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, ditengah pergempuran kenaikan harga kami tidak pernah satu kalipun mengubah kualitas bahan baku yang kami gunakan dari sejak awal hingga sekarang. Kami selalu menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng sehingga kami berkomitmen setiap orang yang makan mendapatkan ayam dengan gorengan hasil terbaik dan tentunya sehat.

Strategi bisnis agar terus bertahan dalam usaha ini?

Ditengah banyaknya gempuran bisnis yang serupa dimana kuncinya adalah kita tidak Lelah melakukan berbagai inovasi seperti ayam serasi, sushi, krikil, berbagai macam menu agar kita bisa selalu untuk menjawab apa yang menjadi keinginan customer dan juga selain itu strateginya dengan terus membuka cabang sehingga semakin banyak orang yang semakin mengenal Ayam Keprabon dan menjadi customer loyal.

Suka duka dalam menjalankan usaha ini?

Sukanya: dengan adanya usaha ini tentunya pastinya mendapatkan keuntungan, kemudian bisa membantu orang yang awalnya bingung mau usaha apa dengan bermitra dan franchise dengan kami, itu kami bisa membantu orang untuk mencoba menjalankan bisnis dimana kami juga akan memandu dan menemani dalam menjalankan bisnis. Selain itu kami bisa membuka lapangan pekerjaan, dan juga harapannya mensejahterakan lebih banyak orang.

Dukanya: saat bahan baku melonjak dan tidak terkendali seperti harga cabai yang pernah mencapai Rp 120.000/kg itu menjadi momen duka untuk kami. Tapi itu tidak menyurutkan keinginan kami untuk terus komitmen menggunakan bahan bahan yang terbaik sehingga kita selalu bisa menjaga kualitas  karena kami paham betul bahwa namanya bisnis tidak selalu untung dan itu wajar. Makanya ketika harga-harga melonjak dan tidak bisa dikendalikan seperti saat ini contoh harga beras yang saat ini sangat mahal itu merupakan titik duka tersendiri, namun tidak menyurutkan kami terus memutar otak dan mencari celah lain agar kami tetap bisa profit tentunya.

Tips terbaik yang bisa  diberikan dalam menjalankan, mempertahankan, dan memajukan usaha?

Berinovasi, selalu melek dengan teknologi, mengikuti trend yang ada, tidak boleh mudah merasa puas, selalu melakukan upgrade diri dan tim dalam perusahaan, menerima kritik, saran dan masukan.

Motivasi sukses Anda?

Sukses itu adalah ketika kesuksesan kita bisa berdampak bagi orang lain, karena kesuksesan yang di keep untuk diri sendiri itu rasanya tidak senikmat ketika kita bisa mensukseskan orang lain.

Artikel ini dapat dibaca juga di Majalah Digital Kabari Edisi 193

Baca Juga: