Apa yang pertama kali terbayang di benak Anda saat mendengar kata chef? Seorang pria gagah berpakaian putih, celana hitam atau putih, memakai topi tinggi dan menjadi raja sebuah dapur yang kehadirannya biasa Anda jumpai di sebuah hotel berbintang atau restoran mahal.

Memasak memang salah satu keahlian wanita, tapi bukan berarti pria tidak bisa melakukannya. Terbukti kebanyakan profesi chef dilakoni pria dan mampu menciptakan kreasi masakan yang bisa memanjakan lidah. Deden Sumardi Putra adalah salah satu chef berbakat. Kecintaannya pada masakan terlebih kue melebarkan karirnya sampai ke New York, Amerika Serikat.

Sejak kecil Deden sudah dekat dengan dunia kuliner, ia belajar dari sang ibu. Karena sering mambantu ibunya saat membuat kue sedikit banyak ia tahu bahan dan jenis kue. “Saya senang membantu ibu, kalau beliau sedang membuat kue. Tetapi saat itu saya belum tahu kalau pastry akan menjadi jenjang karir saya,” ungkapnya pada Kabari.

Kecintaannya pada pastry dimulai ketika ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Tanpa ia sadari hobinya mengantarnya pada profesi kerja. Mengawali karir di Singapura sebagai chef atau juru masak bidang kue, Deden memanfaatkan pengalamannya sebelum sampai di Amerika. Pada 2006 ia bergabung dan bekerja dengan tim pembukaan Shangri-La Hotel, Jakarta sampai akhirnya memutuskan untuk ikut pelayaran hingga berkarir di Los Angeles. Deretan hotel ternama seperti, Accor’s Hotel, A Four Seasons Hotel di Beverly Hills,sampai bergabung dengan Jumeriah group di New York merupakan daftar pengalaman karirnya. Dan saat ini ia bekerja di Peninsula Hotel, New York.

Sudah 15 tahun Deden menetap di Amerika, tapi berkarir di Amerika bukanlah akhir dari pencapaiannya. Pria asal Bandung itu mengaku masih punya impian yaitu membuka bisnis sendiri. “Masa depan saya tidak terbatas, saya masih ingin melakukan perjalanan dan karena semangat kewirausahaan saya, pada akhirnya saya akan membuka bisnis saya sendiri,” paparnya.

Penghargaan adalah kebanggaan

Tidak hanya berkreasi di dapur saat bekerja saja, Deden pun mencoba mempresentasikan keahliannya dengan mengikuti banyak kompetisi. Keuletan dan pengalamannya membuahkan hasil, karyanya sering menang dalam beberapa kompetisi. Satu pengalaman yang sampai saat ini tidak bisa dilupakan adalah, saat diundang tampil dalam acara paling populer di televisi Amerika, Rachel Ray Show. “Luar biasa sekali bisa tampil di acara paling populer di TV Amerika. Ini penghargaan paling tinggi yang tidak bisa saya lupakan,” akunya senang.

Baginya pengalaman khusus seperti itu merupakan keberhasilan yang tidak bisa diukur dengan materi. Setelah bekerja di Beverly Hills dan sekarang di New York City, Deden mengaku sudah banyak membuat kue untuk orang-orang berpengaruh di Amerika, diantaranya presiden, bintang film seperti Brad Pit, Julia Robert, Oprah dan masih banyak lagi. Tapi arti kepuasan bagi dirinya bukan saja dapat menyenangkan banyak orang, melainkan bisa ambil bagian dari acara istimewa dalam kehidupan orang lain merupakan kepuasan yang tidak ternilai.

Meski menetap lama di Negeri Paman Sam, Deden tak melupakan Tanah Air, sebagai Pastry Chef yang berlatar belakang French training dan punya segudang pengalaman. Deden unggul dalam makanan penutup, klasik dan tradisional. Ia mencoba berbagai eksperimen hidangan yang dipadukan dengan bahan-bahan tradisional. “Aku memanfaatkan dan selalu mencoba menggunakan rempah-rempah, cokelat, kacang atau bahan apapun asal Indonesia ke dalam kreasi dan memperkenalkannya pada para tamu” katanya.

Suatu hari nanti, saat ia merasa sudah cukup mengantongi pengalaman Deden mengaku akan kembali ke tanah kelahirannya dan membangun usahanya sendiri. “Tentu saja, karena saya tidak akan lupa dari mana saya berasal. Kalau waktunya sudah tepat dan saya merasa sudah cukup dengan pengalaman, saya akan kembali ke Indonesia,” tutupnya.
Tak sekedar kemampuan memasak yang dibutuhkan untuk menjadi seorang chef. Berdedikasi tinggi, displin, kreatif dan mau mencoba sesuatu yang baru, menjadi modal dasar untuk profesi chef yang saat ini banyak jadi incaran banyak orang.(1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?47980

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :