Setiap bulan Februari, Washington, D.C. bakal kembali menggelar parade di jalanan. Kali ini dalam rangka Chinese New Year. Tentu saja bukan di Pensylvania Ave seperti festival Cherry Blossom tapi berpusat di Chinatown. Parade dijadualkan berlangsung tanggal 6 Februari. Untuk perayaannya sendiri berlangsung lebih awal. Perayaan di sini artinya hiasan meriah dari sudut ke sudut di Chinatown, obral berbagai barang di toko-toko suvenir, serta pergelaran seni.

Meski tahun baru dimulai tanggal 3 Februari tapi mulai pertengahan Januari, Chinatown sudah terlihat gemerlap.. Lampion-lampion warna merah bergelantungan di depan dan di dalam toko suvenir dan tempat makan, musik-musik khas menyambut tahun baru berkumandang, dan beberapa tempat menggelar live music atau pertunjukan seni tradisionalnya di akhir pekan.

“Setiap hampir Chinese New Year, saya senang jalan-jalan di Chinatown atau mampir di tempat makannya. Saya sungguh menikmati kemeriahannya,” kata salah satu pengunjung toko suvenir di Chinatown. Kemeriahan itu tak terhalang oleh cuaca musim dingin yang kadang tak bersahabat. Seperti tahun lalu saat badai salju melumpuhkan area Washington, D.C. tapi perayaan tetap berjalan meski menjadi lebih
sederhana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, parade dimulai pagi hari dan ditutup oleh festival seni dan pesta kembang api. Keramain dimulai dari jam 9 sampai jam 5 sore. Tema parade dan festival pastinya disesuaikan dengan tahunnya. Karena tahun ini tahun kelinci, tentunya banyak ‘kelinci’ bertebaran dimana-mana. Tak ketinggalan, segala asesoris dan baju warna merah. Dipercaya bahwa warna merah untuk mengusir roh-roh jahat.

Pada hari itu, jalanan memanjang dari H Street, NW antara 6th dan 8th Streets ditutup. Parade akan melewati jalanan itu. Serta diramaikan oleh jajaran booth makanan, kerajinan tangan, demonstrasi tai chi dan Kungfu, pergelaran musik tradisional, pergelaran tarian, pameran foto dan informasi perjalanan wisata. Meski keramaian berpusat di Chinatown tapi beberapa Asian Community di beberapa tempat di Washington, D.C. Dan di Maryland juga menyelenggarakan perayaan yang sama seperti di Rockville, Lakeforest Mall di Gaithersburg serta di Public Library di Montgomery County.

Jangan lupa juga untuk mampir ke tempat-tempat makan di sekitar H Street atau Dupont Circle yang menyediakan menu Asia. Biasanya pada bulan Januari sampai Februari, mereka menambah menu spesial dalam rangka merayakan Chinese New Year. Tempat makan pun dihias dengan segala macam ornamen berwarna merah. Sungguh meriah.

Yang lebih seru, mereka tak segan berdandan dengan pakaian tradisional, meski menurut salah satu karyawan sebuah tempat makan, cukup repot, tapi mereka menjalaninya dengan senang. “Memang cukup repot, memakai dandanan seperti itu sambil melayani pembeli, apalagi bagi kami yang tak biasa memakai pakaian tradisional Tionghoa. Setahun sekali tak apalah. Kami senang bisa turut merayakannya,” kata Laura, salah satu karyawan tempat makan Chinese Food di downtown D.C.(Riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36318

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :