KabariNews – Hampir semua orang tahu bahwa sushi adalah makanan khas Jepang. Tapi tak harus ke Jepang dulu baru bisa mencicipinya, karena saking terkenalnya kini sushi mudah ditemukan, di kafe-kafe di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Makanan yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) seperti daging, sayuran, ikan, rumput laut ini cukup diminati di Indonesia. Rasanya sedikit masam dan lembut karena dibumbui dengan cuka beras, garam dan gula. Sausnya juga cukup unik dan khas.

Mengadopsi sushi yang kini banyak digemari kalangan remaja ini, mahasiswi IPB, Nur Laili Fitriani Zaen mencoba mengkreasikan sushi dengan sentuhan Indonesia. Tak kalah enak dengan sushi pada umumnya, karena Laili mencoba memadukan cita rasa Indonesia ke dalam sushi. Sushi ala Indonesia itu diberi nama Cariro (colorful rice roll) atau sushi roll, dimana sushi tersebut dibuat dengan pewarna alami dan beras lokal.

Bersama rekan-rekannya Laili mencoba menyuguhkan jenis makanan baru, sebagai alternatif jajanan sehat  dan praktis bagi masyarakat. Meski meniru pakem sushi, ada beberapa keunikan yang membedakan sushi ala Indonesia itu, yaitu semua bahan baku yang digunakan asli dari Indonesia, terutama untuk rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, dengan berbagai sayuran yang menyehatkan.

“Kami sengaja membuat sushi ini untuk mereka yang aktif dan tidak sempat menyediakan makanan sehat sendiri,”ungkapnya. “Untuk isinya, tetap ikan segar ditambah dengan aneka sayur seperti buncis, wortel, dan sebagainya,” imbuhnya

Agar terlihat menarik dan tetap sehat, Laili dan timnya menggunakan pewarna alami yang diambil dari sayuran, misalnya untuk warna jingga dari wortel dan cabai merah, warna hijau dari bayam dan kuning dari kunyit.

Coriro atau sushi ala Indonesia ini merupakan kreasi makanan yang diikut sertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) yang ada di kampus IPB. Di bawah bimbingan Prof.Dr.Ir.Sri Laksmi Suryaatmadja, MS, tim yang beranggotakan Muhammad Wildan M, Amelia Septiany, Hilman Dwi Putra, Nur Laili Fitriani Zaen dan Lulu Maknun, siap memasarkan sushi ala Indonesia kepada masyarakat umum.

“Rencananya tahun depan akan segera diurus sertifikat jaminan halal, dan akan segera membuka gerai di Bogor,” ujarnya.