Kopi menjadi tren minuman yang banyak diminati oleh para penikmat kopi. Tak hanya sekedar menikmati kopi, minuman ini juga memberikan inspirasi untuk bisa membuka peluang usaha sebagai tren gaya hidup.

Verra Victoria adalah pelaku UKM yang sudah malang melintang kiprahnya di dunia usaha minuman kopi.

Dalam mengembangkan usahanya, ia memberikan tawaran bermitra usaha atau franchise. Selain itu, ia juga berbagi edukasi mengenai usaha kopi serta memberikan pengetahuan dasar mengenai basic barista kepada para pemula.

“Sebelum seseorang memulai usaha kopi dia pertama kali harus tau betul apa itu basic barista mulai dari jenis- jenis kopi kemudian pemanggangan, sampai pada tahapan bagaimana meracik kopi dalam bentuk menu-menu kopi yang menarik di pasaran untuk saat ini,” jelas Verra disela acara workshop usaha kopi di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Verra, respon konsumen cukup baik bahkan para konsumen juga tertarik untuk menjadi mitra usahanya.

“Saya surprise karena meraka tertarik dengan kopi franchise yang akan kita tawarkan dimana kopi frenchise kita adalah home delivery service, saya ingin membantu para UKM untuk berkembang memulai usahanya cukup dari rumah tanpa peralatan yang kompilt dan sangat sederhana dengan manual brew dan murah tanpa royalti, ” ujar Verra.

Untuk memudahkan usaha tersebut, Verra juga melibatkan unicorn yang sedang marak di era digital ini sebagai penghubung pemilik usaha dan konsumen.

“Jadi menggunakan platform -platform yang sudah ada seperti gofood, grabfood untuk memulai usahanya tanpa perlu modal yang besar membuka coffe shop, “kata Verra pemilik kedai kopi yang berlabel pulau coffe ini.

“Kita ingin seluruh para pengusaha kopi di tanah air memenangkan pasar di Indonesia karena beberapa kopi impor sudsh mulai masuk dan merebut hati para konsumen, ” katanya.

Untuk mendapatkan bahan baku kopi, Verra mendatangi langsung koperasi petani kopi di daerah seperti di Dieng, Sumatera Utara hingga Bali.

Seiring dengan perkembangan kopi di Indonesia yang begitu pesat, Verra memanfaatkan peluang usaha minuman kopi dengan menawarkan aneka menu kekinian yang menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

“Para pelaku bisnis kopi jangan pernah menyerah meskipun pasar saat ini sangat ramai, kita harus tetap mencari pembeda dari aneka menu kita untuk para penikmat kopi, ” pungkasnya.

Dengan demikian ia berharap kopi Indonesia tetap menjadi juara di negeri sendiri dan para pelaku usaha kopi mampu memperkenalkan kopi Indonesia menjadi kopi untuk dunia.