Dr T Ikrar

 

 

dr. Taruna Ikrar

(University of California, School of Medicine,Irvine,USA)

 

Pertayaan :

Saya ingin bertanya, ketika saya buang air kecil urine saya selalu berbusa. Apakah itu ada tanda diabetes ataupun kelainan yg lainnya? Terima kasih.

Dewis (35)

Jawaban:

Bapak Darwis, yang baik: sebetulnya Urine berbusa merupakan gejala awal yang perlu dicurigai adanya masalah. Mungkin merupakan penyakit atau bukan harus dilakuan pemeriksaan urine. Urine yang berbusa bisa terjadi pada kondisi dimana terdapat protein pada urine tersebut. Seharusnya pada urine normal tidak ada proteinnya. Biasanya urine yang berbusa bisa menjadi tanda awal adanya proteinura (albuminuria) yaitu, terbentuknya garam-garam empedu atau protein albumin dalam urine. Proteinuria adalah tanda adanya kerusakan ginjal dan penyakit jantung, terutama pada pasien yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, urin berbusa juga, sering menjadi tanda awal sindrom nefrotik. Sebuah gangguan serius, dimana sistem filtrasi ginjal rusak karena infeksi virus, diabetes atau lupus. Penyakit Crohn sendiri (enteritis regionalis, ileitis granulomatosa, ileokolitis) adalah peradangan menahun pada dinding usus. Sehingga dapat diduga, bahwa Urine yang mengandung protein bisa menjadi penanda adanya kerusakan ginjal atau bisa juga gangguan jantung. Gangguan ginjal bisa berupa sindroma nefrotik, glomerulonefritis ataupun gangguan kerusakan nefron yang lainnya yang disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes melitus.

Saran kami untuk kasus ini adalah: segera lakukan pemeriksaan urine, adakah kandungan protein di dalam urine tersebut. Jika memang benar terdapat urine, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran tindakan berikutnya. Demikian pula untukpencegahannya, bisa digunakan Nigelive 3×3 kapsul rutin untuk menjaga agar ginjal tidak mengalami kerusakan.

Demikian, saya dari kami, semoga saran tersebut dapat membantu.
Salam sehat,
Dr. Ikrar

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68386

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan