Di usianya yang relatif muda, Deden Putra telah malang-melintang di dapur pastry beberapa hotel bintang lima di Amerika Serikat. Sebagai Executive Pastry Chef, ia tak pernah kehabisan ide untuk membuat holiday season display yang unik dan menarik, tak terkecuali pada akhir tahun 2019 di Hotel Waldorf Astoria – Beverly Hills.

Kali ini, holiday season display karyanya menampilkan sepasang patung Nutcracker (boneka pemecah kacang), tiga figur balerina dan beberapa pohon-pohonan yang menyerupai cemara pada musim salju. Kepada Kabari News, pria asal Bandung ini menjelaskan bahwa konsep tersebut dihadirkan untuk mengapresiasi penampilan Los Angeles Ballet (LAB) dalam pentas tahunan bertajuk The Nutcracker. Grup balet tersebut memang secara rutin menampilkan sebanyak 6 pertunjukkan di ruang dansa Hotel Waldorf Astoria BH pada setiap akhir tahun.

Seperti karya-karya besarnya yang terdahulu, Deden juga menggambarkan ide desainnya di atas kertas sketsa terlebih dahulu. Sketsa tersebut, kemudian, menjadi tumpuan untuk mengembangkan ide berikutnya. Berangkat dari pengalamannya, alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini menyadari bahwa akan ada banyak perubahan selama berproses untuk merealisasikan suatu ide.

Deden Putra (ki) dan timnya di Hotel Waldorf Astoria BH (dok. Deden Putra)

Untuk merealisasikan display dengan dimensi panjang 1 meter dan tinggi 2 meter tersebut, Deden memerlukan sekitar 14 kg dark chocolate Valrhona, 8.5 kg coklat putih Valrhona, 7.5 kg gula, 1 kg putih telur, dan 2.5 kg kelapa parut. Selama 16 jam proses pengerjaannya, Deden dibantu oleh 4 anggota timnya di dapur pastry Hotel Waldorf Astoria BH. Di antara anggota timnya, ada juga seorang diaspora Indonesia bernama Irene Widjaya yang telah bekerja sebagai asistennya sejak 6 tahun silam. “Ini adalah team project. Jadi, setiap orang yang terlibat melakukan segala sesuatunya, mulai dari tempering coklat, mencetak, mengukir, hingga menghiasinya,” ungkap orang nomor satu di dapur pastry hotel bintang lima tersebut kepada Kabari News.

Menciptakan holiday display dengan ukuran yang relatif besar tentu bukan perkara mudah. Menurutnya, proses pembuatan figur balerina dari bahan gula menjadi tantangan tersendiri karena bukan saja bahan tersebut rapuh, akan tetapi juga memerlukan kesabaran ekstra. Tantangan demi tantangan datang silih berganti hingga akhirnya timnya berhasil memindahkan tampilan yang telah selesai tersebutt dari dapur pastry ke area lobi hotel.

Akhir tahun merupakan salah satu momen tersibuk bagi Deden dan timnya di dapur pastry Hotel Waldorf Astoria BH. Di samping mendapatkan tugas untuk membuat holiday season display, mereka masih disibukkan dengan kelas pelatihan mendekorasi rumah kue jahe (gingerbread house) untuk para tetamu hotel. Aktivitas keseharian di restoran hotel juga meningkat mengingat ada banyaknya pesta dan sesi minum teh menjelang tutup tahun.

Selama menjabat sebagai Executive Pastry Chef di beberapa hotel bintang lima, Deden memang dikenal dengan idenya yang out of the box lewat beberapa holiday season display dengan dimensi yang sangat besar. Baik bagi Anda penggemar holiday season display maupun selfie enthusiast, ia menjanjikan sebuah kejutan besar bagi Anda di area lobi Hotel Waldorf Astoria – Beverly Hills pada penghujung tahun 2020 nanti. (Foto: dok. Deden Putra)