Johannesburg, KabariNews.com – Demam piala dunia 2010 terus “menjangkiti” setiap orang di seluruh negara.

Event akbar empat tahunan tersebut merupakan salah satu pertandingan sepakbola paling ditunggu-tunggu para pecintanya.

Negara Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 mendatang, dimana 32 negara akan menurunkan timnya pada tanggal 11 Juni hingga 11 Juli 2010 ini untuk membawa pulang piala bergengsi tersebut.

Sementara itu, gema piala dunia yang telah ramai di mana-mana, ternyata juga menginspirasikan para wanita lanjut usia di Afrika Selatan untuk bermain sepakbola, hal ini tentu saja bertujuan untuk menyemarakkan piala dunia 2010 serta mengejar mimpi mereka untuk berjaya di Amerika Serikat, yakni memenangkan kompetisi Piala Veteran yang diadakan di Lancaster, Michigan, Amerika Serikat.

Tim yang diberi nama Vakhegula yang berarti “Para Nenek” dalam bahasa Afrika  Selatan bagian Utara ini beranggotakan 35 orang wanita berusia 50 hingga 84 tahun.

Tim sepakbola nenek-nenek ini pertama kali dibentuk lima tahun silam oleh seorang pekerja sosial bernama Beka Ntsawisi.

Pembentukan tim ini awalnya agar para nenek-nenek tersebut sehat dan memiliki banyak aktivitas.

Seperti dilansir Reuters, Beka Ntsanwisi menjelaskan bahwa timnya tersebut mendapat undangan untuk turut bermain dalam Piala Veteran di Amerika.

“Kami diundang bermain di Amerika tanggal 13-18 Juli mendatang memperebutkan Piala Veteran, dimana para orang lanjut usia yang juga nenek-nenek berkumpul untuk bermain sepakbola. Namun saat ini masalahnya adalah saya tidak memiliki dana untuk biaya mereka,” ujar Beka.

Beka juga menjelaskan, bahwa sejauh ini mereka baru berhasil mengumpulkan uang sebanyak 130.000 rand atau sebesar US $ 17.900, dari total biaya kebutuhan seluruhnya sekitar 500.000 rand untuk dapat pergi mengikuti Piala Veteran di Amerika Serikat tersebut.

Onica Ndzovela (77) menuturkan bahwa dirinya kini terasa bugar setelah ikut sepakbola nenek-nenek tersebut. Sebelumnya ia mnengaku menderita sakit nyeri tulang belakang.

“Saya sekarang sehat, saya dapat mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga saya sendiri,” ujar Onica yang juga berposisi  sebagai bek dalam tim Vakhegula.
  

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34777

Untuk

melihat Berita Indonesia / Unik lainnya, Klik

disini

Klik disini
untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar
di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :