Sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 melanda tanah air, usaha klinik kecantikan yang pelayanannya berhubungan langsung dengan pelanggan terpaksa ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Pemerintah mulai menerbitkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena Covid-19 dan hal ini memberikan dampak pada kelangsungan ekonomi para pelaku usaha.

Setelah ada pelonggaran PSBB, diharapakan usaha klinik kecantikan bisa beroperasi kembali. Pemerintah menerbitkan kebijakan Transisi New Normal  mulai dari tanggal 8 juni 2020 dimana kegiatan sosial dan ekonomi secara bertahap dibuka dengan mematuhi kebijakan New Normal.

Seperti mendapat angin segar, selama tiga bulan Industri kecantikan ini menutup usahanya akibat pandemi, Ercella Clinic yang berlokasi di kawasan Mall Of Indonesia, Kelapa Gading ini pun mempersiapkan buka kembali kliniknya dengan melaksanakan anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan

“Saya mempersiapkan dari tanggal 18 Juni tapi ternyata klinik kecantikan, salon atau sejenisnya yang akan dibuka serentak pada tanggl 3 Juli 2020, jadi diundur bukanya. Tadinya saya sudah persiapan, yaitu bersih-bersih dan saya steril klinik untuk sehat dan aman, karyawan juga saya siapin untuk rapid tes, “ kata Priscilla Yong pemilik usaha Ercella Clinic yang sudah mengundang kembali karyawannya yang dirumahkan untuk kembali bekerja dengan penerapan SOP di era new normal ini.

Lebih jauh, Priscilla menambahkan, “ Langkah utama yaitu mengikuti protokol kesehatan dulu, cek suhu badan sebelum masuk klinik, kemudian isi data pasien sebelum perawatan, tapi untuk pembersihan wajah, massage dan scrub wajah itu ditiadakan dan diganti dengan alkohol saja. Sekali dan dua kali oles untuk mempercepat, jadi saya tidak terima facial dulu, “ imbuhnya.

Hubungan langsung antara pasien dengan dokter di klinik ini, Priscilla pun memasang penyekat guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Dan juga ada lagi tempat dimana seperti ada penyekat antara pasien dan dokter tidak terlalu deket jaraknya, memberikan pelayanan treatment di era new normal ini beda banget dengan sebelum pandemi,” katanya.

Untuk meyakinkan para pelanggan bahwa klinik sudah mematuhi kebijakan new normal dengan menerapkan protokol kesehatan, Ercella Clinic mengeluarkan panduan prosedur pelayanan semasa pandemi dengan harapan klinik kecantikan dapat beroperasi dengan menjaga kesehatan karyawan maupun pelanggan.

“Pasien kami banyak pasien lama, tapi saya akan WA atau sms blass bahwa kita sekarang new normal segala hal kita perbaharui tidak seperti kemarin, banyak hal-hal yang harus kita terapkan seperti cuci tangan sebelum masuk ruang treatment, harus memakai masker, harus memakai pelindung dan banyak lagi hal yang harus dilakukan begitu juga dengan karyawan-karyawan saya,” ungkap pakar kecantikan yang juga jago bikin kue ini.

Karyawan maupun dokter sebelum masuk klinik diharuskan melakukan rapid tes terlebih dulu. Begitu juga dengan pasien yang akan mengikuti rapid tes juga tersedia alatnya di Ercella Clinic.

Sebagai pelaku usaha, Priscilla terkena dampak akibat Covid-19, sejak awal pandemi, klinik ditutup, bahkan mengalami penurunan dan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali

Sejak adanya kebijakan pemerintah transisi new normal, usaha salon dan klinik kecantikan diharapkan beroperasi kembali pada tanggal 18 Juni 2020 kemudian diundur menjadi tanggal 3 Juli 2020, Priscilla memberikan anggapan bahwa langkah pemerintah ini adalah yang terbaik buat pelaku usaha untuk memulihkan kembali ekonominya.

“Tanggal 18 Juni 2020 saya berharap klinik buka, tapi pemerintah melakukan fase kedua pada klinik dan salon buka pada tanggal 3 Juli 2020, Saya terima dengan lapang dada dan saya terima dengan hati yang ikhlas, mungkin pemerintah lebih tau seperti apa menangani ini supaya kita tidak buka dulu, artinya mungkin supaya keadaan jadi lebih baik,”ungkap Priscilla.

Ia juga berharap semoga pandemi ini segera berakhir, pemerintah dan masyarakat bersatu menangani wabah covid- 19 dengan mematuhi kebijakan pemerintah dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Saya percaya ini yang terbaik yang Tuhan kirim untuk berlangsungnya usaha saya kedepan yang lebih baik lagi dan normal kembali seperti semula,” pungkasnya.