Bawang merah terkenal sebagai salah satu bumbu dapur yang dapat menyedapkan masakan. Tapi tahukah Anda, dibalik manfaatnya juga terkandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Bawang mengandung senyawa sulfur yang cukup banyak sehingga mengeluarkan bau yang cukup khas, nah dibalik aromanya yang kurang sedap itu ternyata banyak manfaat yang bisa diambil. Bawang dipercaya bisa mendetoks tubuh agar lebih bugar.

Sejak zaman nenek moyang bawang merah sudah dimanfaatkan untuk obat tradisional karena menyehatkan. Selain dikonsumsi, bawang juga digunakan untuk pemakaian luar. Konon, getah bawang dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun akibat sengatan serangga.

Berikut beberapa khasiat bawang merah yang perlu Anda ketahui :

1. Asma

Bawang mengandung efek antihistamin dari senyawa antioksidan yang disebut dengan kuersetin. Penelitian menunjukkan, kuersetin dapat mencegah sel imun mengeluarkan histamin, senyawa yang menimbulkan reaksi alergi. Karena itu, peneliti menyimpulkan, antioksidan ini dapat mengurangi histamin atau senyawa peradangan lainnya yang ada dalam tubuh. Kuersetin juga berpotensi menjadi terapi asma.

2. Kanker

Bawang dapat membantu mengurangi risiko kanker bila dikombinasikan dengan kunyit. Senyawa kimia yang terkandung dari dua bahan tersebut telah dibuktikan oleh studi dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology yaitu dapat mengurangi ukuran dan jumlah lesi prakanker pada usus sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Diabetes

Konsumsi bawang dalam jumlah besar dapat mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Minyak esensial dari bawang yang disebut dengan alil propil disulfida lah yang memberikan efek ini. Senyawa tersebut mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan jumlah insulin yang tersedia.

4. Penyakit jantung

Kuersetin yang ditemukan dalam bawang secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah yang berlebihan pada orang dewasa. Bahkan studi dalam The Journal of Nutrition menemukan, bawang mampu menjaga tekanan darah normal, mencegah pengerasan arteri, dan menjaga arteri tetap elastis.

5. Gigi keropos

Bawang mentah dapat membuat napas jadi tak sedap, tetapi ada juga segi positifnya. Memakan bawang mentah dapat memperbaiki kesehatan mulut, termasuk menguatkan gigi dan mengurangi bakteri sehingga membantu mencegah gigi keropos.

 6. Obat jerawat

Bawang merah yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan madu atau minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk obat jerawat. Oleskan pada jerawat, ramuan ini dapat bermanfaat untuk mengatasi peradangan jerawat dan mempercepat proses keringnya jerawat.

7. Sakit perut

Bawang dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, karena di dalam bawang terkandung sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut.

8. Obat alami gigitan serangga

Bawang merah mentah dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah, untuk pemakaian luar, oleskan bawang merah pada bekas luka gigitan. Bentol gigitan nyamuk, semut pun segera teratasi tanpa harus menunggu lama.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68859

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan