Juice Buah

KabariNews – Banyak orang tercengang saat menonton penampilan Beyonce di panggung acara Grammy Awards 2014 bulan Januari lalu. Lebih langsing dan terlihat segar. Begitu pula suaminya, Jay Z. Saat ditanya resepnya, ternyata mereka menerapkan diet vegan. “Sejak melahirkan anak, berat badan susah turun sedangkan saya ingin segera kembali naik panggung. Maka saya dan suami menerapkan diet ini selama 22 hari. Selain untuk mengurangi berat badan juga agar lebih sehat dan bugar,” kata Beyonce.

Beyonce

Bukan hanya Beyonce yang menerapkan diet ini, tapi banyak selebriti lainnya. Menurut mereka, selain untuk menurunkan badan efeknya lebih cepat juga lebih menyehatkan. Banyak pula yang kemudian tertarik menerapkannya sebagai pola hidup Vegan ke dalam pola hidup sehari-hari. Carrie Underwood, Ellen DeGeneres, Russell Brand, Paul McCartney, Natalie Portman dan masih banyak lagi. Kebanyakan mereka berawal dari kecintaan pada binatang sehingga memutuskan tidak akan memakan binatang atau memakai dan menggunakan produk yang dibuat dari kulit, wol atau bulu binatang. Selain tentunya mempertahankan berat badan.

Beberapa orang berbeda ketika menerapkan diet vegan. Ada yang terjun langsung dan ada pula yang pelan-pelan menerapkannya. Dari mulai sehari sekali, kemudian menambah hari sampai benar-benar total setiap harinya atau menerapkan diet vegan atau pola hidup vegan 10 jam per hari saja. Beberapa artis menerapkan pola hidup vegan secara praktis, seperti Carrie Underwood. “Seandainya saat perjamuan makan, ada yang mencampur atau menyodorkan makanan dengan topping keju, tentunya tidak saya tolak tapi saya memakan dengan porsi kecil.” Carrie mulai vegan saat umur 13 tahun. “Saya besar di tengah peternakan dan bergelut dengan binatang setiap harinya. Saya tidak tega memakannya.”

Pola hidup atau diet vegan adalah jenis diet yang tidak memakan daging, produk dairy yang termasuk telur, susu, permen susu dan keju, serta semua produk yang berasal dari binatang. Termasuk tidak menggunakan apapun yang diujicobakan ke binatang seperti obat dan produk kecantikan. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah bahan dasar makanan mereka setiap harinya. Seperti juga kita yang makan daging, telur dan susu, mereka juga mendapatkan segala macam protein dan vitamin yang sama dari ketiganya. Bahkan lebih sehat karena natural dan rendah lemak dan gula. Pola hidup vegan ini mengurangi risiko kolesterol, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker usus, payudara, paru, serta prostat.

Vegan Market

Apakah tidak membosankan? Tentu saja tidak. Karena sekarang ini makanan vegan juga dapat diolah sama dengan makanan berbahan daging seperti kebab, burger, pizza, bahkan ice cream. Dan rasanya pun tak jauh berbeda. Tapi memang bagi pecinta daging, belajar menerapkan pola hidup atau diet vegan tentu bukan hal yang mudah. Secara mereka sudah hafal benar rasa gurihnya daging. Karena itu dianjurkan memulai awalnya pelan-pelan sebelum total menerapkannya. Banyaklah mencari info dan lebih baik konsultasi dengan dokter, ahli gizi atau pakar agar tidak salah langkah. Seperti yang dilakukan Beyonce dan Jay Z sebelum melakukan diet ini, mereka bertanya pada teman-temannya dan menyewa pelatih untuk mengontrol pola makan dan kesehatan mereka. Satu lagi, bagi yang ingin melakukan diet ini juga dianjurkan untuk rutin berolahraga sehingga hasilnya maksimal.

Ada beberapa petunjuk untuk yang tertarik jenis diet ini atau ingin menerapkan pola hidupnya. Cobalah melakukan satu hari dalam seminggu sebagai vegan. Sebelumnya carilah resep makanan favorit kita di situs atau buku khusus resep vegetarian. Datanglah ke grocer atau health food store yang banyak menjual produk vegetarian serta datangi restoran vegetarian khusus atau restoran seperti Asian, Chinese, Thai, Middle Eastern, India, mereka banyak menyajikan menu vegetarian. Hafalkan menunya dan cari resepnya untuk dipraktekkan di rumah.

Menurut Kathy Freston, penulis buku Veganist : Lose Weight, Get Healthy, Change The World, orang yang ingin mencoba pertama kali selalu cemas dengan kekurangan protein serta perasaan lapar. “Padahal banyak pilihan dan variasi menu yang tetap memberi tubuh kita banyak protein sehingga tetap kenyang meski bukan daging,” terang Kathy yang mencontohkan menu makanannya yang sehat dan mengenyangkan seperti vegan chili, lentil soups dan black bean burritos. “Menjadi vegan bukan berarti kita hanya makan salad saja.” Menurut American Dietetic Association, diet ini dapat diterapkan dari anak-anak sampai orang tua, karena selain mennurunkan kadar kolesterol dan lemak, juga memperbanyak asupan karbohidrat, zat besi, magnesium, potasium, folat, antioksidan, vitamin seperti C dan E, serta phytochemicals yang banyak terdapat di dalam sayuran berwarna. Jadi membuat kita bugar dan tetap aktif bukan malah sebaliknya. (1004)