Belum ada yang memastikan tepatnya sejak kapan manusia salju atau snowman ini muncul. Bob Eckstein, dalam bukunya the History of Snowman mengatakan sekitar tahun abad pertengahan muncul pertama kali di benua Eropa kemudian menyebar di Amerika utara dan Asia. Satu penelitian mengatakan bahwa snowman dibuat pertama kali di Eau Claire, Wisconsin di tahun 1809 oleh Vernon N. Paul dan anak perempuannya.

Sampai sekarang snowman tetap menjadi favorit. Barangkali karena membuatnya tak rumit, dari anak-anak sampai dewasa, menyukainya. Cukup dengan tiga bola salju disatukan kemudian ditambah dengan aksesori maka jadilah snowman. Biasanya hidung snowman dibuat dari wortel, mata dan hidung dari batu kecil atau buah cherrie, mulut dan tangan dari ranting, ditambah topi, serta syal yang melilit di leher. Pajangan di halaman yang tak perlu mengeluarkan biaya dan hiburan bagi sekeluarga saat membuatnya.

Dimana ada salju, disitulah ada snowman. Karena musim salju yang datang di saat hari Natal, maka snowman pun tak hanya muncul di halaman tapi juga menempel di berbagai dekorasi rumah, tercetak di kartu-kartu ucapan, dan menggantung di pohon Natal. Snowman jadi seperti sebuah simbol datangnya perayaan Natal. Beberapa buku dan film yang terkenal dengan karakter snowmannya adalah cerita The Snowman karangan Hans Christian Anderson serta film animasi Calvin & Hobbes yang dibuat oleh Bill Watterson. Di Jepang yang terkenal adalah Rave Master yang memopulerkan karakter kepahlawan snowman kecil.

Di Jepang, snowman dinamakan Yuki Daruma sedangkan di negara lain cukup menyebut dengan Frosty Snowman. Anak-anak di Jepang senang mendandaninya dengan pakaian wool warna-warni. Selain snowman, anak-anak senang membangun salju berbentuk Hello Kitty, mainan favorit mereka. Di Jepang juga terdapat festival salju yang sangat terkenal di dunia dan terbesar di Jepang yaitu Festival Salju Sapporo, Hokkaido. Tak hanya snowman, tapi juga mainan atau bangunan maskot di seluruh dunia ada di sini dalam bentuk salju. Hello Kitty, Patung Liberty, Menara Eiffel, bola dunia, lengkap dengan lampu warna-warni, bisa ditemukan tiap tahun di festival ini. Festival ini diadakan awal Februari dan selalu dipadati jutaan pengunjung tiap tahunnya.

Selain snowman yang berbentuk konvensional, orang-orang pun berkreasi dengan bentuk yang beemacam-macam. Snowman menggendong anaknya, atau snowman sedang bermain ski misalnya. Bahkan di Bethel, Maine, Amerika pernah dibangun snow woman terbesar di dunia yang memecahkan the Guinness World Book of Records tahun 2008. Snow woman ini setinggi 122 feet 1 inch atau 37 meter lebih 21 cm dan dinamakan Olympia Snowe sebagai penghargaan untuk seorang Senator Amerika dari Maine. Sebelumnya, Bethel juga memecahkan rekor snowman terbesar di tahun 1999, yang dinamakan Angus, King of the Mountain, dengan tinggi 113 feet 7 inch atau 34 meter lebih 62 cm dengan berat 4.080.000 kg. Untuk membangun keduanya dibutuhkan ratusan sukarelawan dengan total waktu sekitar 15 hari.

Sedangkan snowman terkecil di dunia dibuat oleh Dr. David Cox, peneliti dari National Physical Laboratory di West London tahun 2009. Snowman ini berukuran 0.01 milimeter. Dengan dua manik dari timah sebagai badan dan kepala yang kemudian ditutup dengan salju. Seandainya ingin melihat dengan jelas mesti menggunakan alat khusus semacam kaca pembesar. (riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37634

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :