KabariNews – Meskipun pengguna Internet di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara, tapi dari sisi penggunaan nama domain .id masih kalah dibandingkan domain .sg dan .my milik Singapura dan Malaysia.

Berdasarkan catatan organisasi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), hingga Juli lalu penggunaan domain .id mencapai 87.374 situs. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 30 ribu bila dibandingkan dengan Juli tahun lalu yang baru mencapai 56.930.

Sedangkan domain .sg milik Singapura telah digunakan oleh lebih 141 ribu pengguna, demikian pula dengan domain .my Malaysia yang kini sudah digunakan sebanyak 200 ribu. “Meskipun secara pertumbuhan, penggunaan domain .id cukup pesat, tapi masih di bawah Singapura dan Malaysia,” kata Ketua Pandi, Sigit Widodo pertengahan Agustus lalu.

Menurut Sigit, peningkatan penggunaan nama domain id telah menjadi prioritas pengurus Pandi. Karena itulah, Pandi menargetkan pada akhir tahun 2012 ini domain .id bisa melampaui jumlah pengguna domain .sg dan .my. “Dan satu kedepan domain .id menjadi yang terbanyak di Asia Tenggara,” kata Sigit.  Sigit mengatakan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, penggunaan domain .id bisa mencapai 500 ribu pengguna.

Salah satu cara untuk memperbanyak domain .id adalah dengan mengubah sistem pendaftaran domain dari single point registry system menjadi sistem shared registry system.