Dua mahasiswa FISIP UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, M. Rizki Dwi Nurdiansyah dan Dewinta Zahwa Nabilah berkesempatan mengikuti even SUNY Model European Union 2023 (SUNYMEU 2023) yang diselenggarakan di SUNY Fredonia University, Sabtu, (04/11/2023).

SUNYMEU 2023 merupakan event tahunan yang diadakan oleh State University of New York, Amerika Serikat, untuk mempertemukan mahasiswa dari berbagai negara. SUNYMEU berisi kegiatan simulasi persidangan dan pembuatan kebijakan di tingkat Prime Minister dan Head of Government di European Union.

Acara SUNYMEU didirikan pada 1987 oleh State University of New York (SUNY) dan Co-Founded by European Union (UE) dan menjadi salah satu simulasi Uni Eropa tertua yang saat ini digunakan mahasiswa untuk menunjukan keterampilan diplomasi dan tata kelola Uni Eropa.

Kegiatan SUNYMEU ini diikuti oleh mahasiswa undergraduate dan graduate dari seluruh kampus di bawah naungan SUNY. Even ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih skill dan kapasitas diri dalam bernegosaasi (negotiation), menyelesaikan konflik (conflict resolution), public speaking, debate, expository writing, logic and reasoning, small-group dynamics, leadership and problem-solving.

M. Rizki Dwi Nurdiansya dan Dewinta Zahwa Nabilah merupakan dua dari tiga mahasiswa Indonesia yang dipilih untuk menjadi delegasi kampus Buffalo State University.

Keduanya merupakan peserta program Ministry of Religious Affairs (MORA) Overseas Student Mobility Award atau yang dikenal dengan MOSMA Kementrian Agama Republik Indonesia.

Buffalo University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Buffalo, New York, Amerika Serikat yang berhasil menjadi mitra kerjasama KEMENAG RI dalam program MOSMA. Buffalo University sendiri dikenal sebagai perguruan tinggi terbaik di Amerika yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan pendidikan, terutama pada bidang pendidikan terapan.

Sumber foto: uinsa.ac.id

Baca Juga: