KabariNews – Amerika Serikat tidak diragukan lagi mempunyai banyak universitas top kelas dunia, belum lagi dengan keberadaan Community Colleges-nya yang tersebar di beberapa wilayah Amerika. Tak heran , banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk menimba ilmu disana.

“Ada ribuan universitas di AS dan angka pelajar Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Indonesia imi mewakili sebagian kecil dari lebih dari 950.000 mahasiswa internasional di kampus-kampus Amerika. Namun ini  jumlah terbesar dari negara manapun di dunia. Saya senang melihat begitu banyak potensi siswa antusias yang tertarik belajar di Amerika Serikat” kata Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Robet O Blake,  Minggu, (21/2) di acara Education USA Spring Fair, Jakarta.

Amerika Serikat menawarkan kesempatan pendidikan yang luar biasa untuk semua orang. Dengan lebih dari 4.000 perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat. “Tidak peduli universitas yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan gelar yang diakui dan dihormati di seluruh dunia, membuka pintu untuk peluang karir yang menarik. Dan ada 47 universitas hebat di AS yang datang ke Indonesia saat ini dengan promosi programnya masing-masing”kata Blake.

Blake menambahkan, bagi pelajar yang mungkin tidak siap untuk berkomitmen empat tahun di universitas, tetapi masih tertarik belajar di Amerika Serikat, Community Colleges adalah aspek yang unik dari sistem pendidikan tinggi Amerika. Community Colleges bisa menjadi pilihan bijak bagi mereka yang ingin transisi yang mulus akademis atau pada akhirnya gelar sarjana dengan biaya lebih rendah.

“Ketika Anda menghabiskan dua tahun di sebuah perguruan tinggi, Anda menerima gelar associate, setelah itu Anda dapat memasuki dunia kerja atau memilih untuk menghabiskan dua tahun lagi di sebuah Community colleges atau universitas untuk menerima gelar bachelor Anda. Banyak perguruan tinggi memiliki layanan bahasa Inggris dan dukungan khusus untuk membantu siswa berhasil melanjutkan ke universitas empat-tahun” tutur Blake (1009)