KabariNews – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr., mengunjungi Jawa Timur pada tanggal 8-9 Mei 2018, di mana ia menyoroti hubungan yang erat antara Amerika Serikat dengan Indonesia bagian timur. Selama kunjungannya, Dubes Donovan menghadiri acara pembukaan kantor Peace Corps yang baru, bertemu dengan alumni program-program pertukaran yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat, berkeliling di Mesjid Cheng Hoo, dan bertemu dengan Direktur Utama dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos koran. Kunjungan ini diakhiri dengan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang ke 242, yang diadakan di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Dalam menyambut Country Director Peace Corps, Jennifer Goette, Dubes Donovan mengatakan Peace Corps berperan penting dalam menyatukan masyarakat Amerika dan Indonesia. Para Relawan Peace Corps di Indonesia menunjukkan kepandaian, kreatifitas, dan ketulusan hati saat bekerja berdampingan dengan rekan-rekan setempat, Ada sekitar 115 Relawan Peace Corps di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur, di mana mereka bekerja sebagai guru Bahasa Inggris.

Waktu bertemu dengan para alumni program-program pertukaran yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat, Dubes Donovan mendengar tentang dampak dari program pertukaran ini dalam kehidupan para alumni. Alumni program YSEALI academic fellows, Youth Exchange and Study (YES), dan International Visitor Leadership Program (IVLP), Duta Besar mendengar tentang pentingnya memperkuat hubungan antar masyarakat antara Indonesia dan Amerika Serikat.

“Bersama-sama kita bermitra untuk bekerjasama memastikan hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat tetap kuat selama bertahun-tahun,” kata Dubes Donovan.

Untuk belajar lebih banyak tentang keragaman agama dan sejarah Surabaya yang kaya, Dubes Donovan berkeliling di Mesjid Cheng Hoo, dipimpin oleh Haji Muhammad Yusuf Bambang Sujanto, Pendiri Yayasan Mesjid Cheng Hoo. Mengakhiri kunjungannya di Mesjid Cheng Hoo, Dubes Donovan mengatakan Kebebasan dan keragaman agama adalah dasar kuat Amerika Serikat dan Indonesia. Merupakan sebuah kehormatan mengunjungi Mesjid Cheng Hoo Surabaya, yang merupakan contoh penting dari nilai tersebut.

Pada hari yang sama, Dubes Donovan mendapat kesempatan untuk mengunjungi redaksi Jawa Pos, salah satu jaringan koran terbesar di Indonesia. Dengan Presiden Direktur dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos, Dubes Donovan berbicara tentang kesan-kesannya tentang Indonesia dan Jawa Timur, hubungan AS-Indonesia, program pertukaran antara AS dan Indonesia, dan investasi AS di Jawa Timur. Dubes Donovan juga membahas tentang pentingnya kebebasan pers dengan mengatakan, Wartawan memberi penerangan terhadap banyak isu; memastikan rakyat mendapat informasi, mendorong perdebatan dan diskusi yang kuat, dan memastikan pemerintah, termasuk pemerintah kami, bertanggung jawab.

Mengakhiri kunjungannya ke Surabaya, Dubes Donovan dan Konsul Jenderal Heather Variava menyambut lebih dari 300 tamu di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, untuk merayakan Hari Kemerdekaan AS yang ke 242. Tema Hari Kemerdekaan tahun ini adalah Kemitraan di Seberang Lautan, menekankan Kemitraan Strategis AS-Indonesia, dan hubungan kita yang sudah lama, mulai tahun 1866 waktu kantor perdagangan Amerika dibuka di Surabaya. Dalam sambutannya, Dubes Donovan mengatakan, “Kemitraan Strategis kita berhasil, karena Amerika Serikat dan Indonesia punya kepentingan yang sama dalam keberhasilan masing-masing. Kita adalah dua demokrasi dengan kepercayaan yang sama – Bhinneka Tunggal Ika-berbeda-beda tetapi tetap satu – dan hak segala bangsa untuk hidup dalam kemakmuran, keamanan, dan kemerdekaan dalam pemerintahan.” Di resepsi, Konsul Jenderal Heather Variava juga mengumumkan bahwa ia akan mengakhiri tugasnya sebagai Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, dan akan menjabat sebagai Wakil Duta Besar di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.