Dzaki Sukarno keturunan Indonesia. Pria ini begitu mencintai musik Country. Telah pentas di banyak tempat dan merilis single pertamanya. Dzaki tidak akan berhenti berynanyi dan terus mengejar mimpinya di tanah Amerika.

Di Amerika Serikat, tidak ada penyanyi country keturunan Indonesia. Ya! Itu sebelum Dzaki Sukarno muncul dan dikenal publik pernah mengikuti audisi American Idol 2021. Saat itu, Dzaki lolos di babak audisi dan mendapatkan golden ticket dari para juri. Dzaki yang tinggal di New Mexico lolos setelah menjalani audisi secara virtual. Dia mendapat pujian dari ketiga juri American Idol; Katy Perry, Lionel Richie, dan Luke Bryan. Namun langkahnya harus terhenti. Dzaki gugur di babak Hollywood Duets.

Ikut dalam American Idol 2021 memberikannya banyak pengalaman. Tapi berkarir di industri musik country tidak sebatas mengikuti sebuah Idol. Banyak jalan yang bisa ditempuh dan itu masih terbentang luas di depan. Kabari beberapa waktu lalu berkesempatan wawancara dengan Dzaki Sukarno perihal kesukaannya terhadap musik country, penyanyi favorit sampai impiannya yang belum terwujud,  berikut petikannya.

Apa yang membuat Anda tertarik dengan musik country?

Ini adalah cara hidup bagi saya, dari artis seperti Marty Robbins dan Keith Whitley hingga artis seperti George Strait dan Alan Jackson. Tumbuh dewasa, yang saya dengarkan hanyalah musik Country. Setiap hari ketika saya masuk ke truk pickup saya, hal pertama yang saya lakukan adalah menyalakan telepon dan mendengarkan musik country.

Musik country adalah salah satu genre musik terakhir yang masih bercerita dan murni, musik yang berasal dari jiwa. Musik ini berbicara tentang pekerja keras Amerika dan bagaimana hidup tidak mudah tetapi kami masih akan melakukan semua yang diperlukan untuk merawat orang yang kami cintai. Itu sebabnya saya mendengarkan musik country,  musik country sejati seperti George Strait, Garth Brooks, dan banyak lagi.

Dzaki Sukarno

Siapa musisi Country inspirasi Anda? Dan lagu country favorit atau yang sering dibawakan di atas panggung?

Beberapa penyanyi country yang saya cari adalah Randall King dan Cody Johnson. Kedua artis masih menyanyikan musik country yang berasal dari hati. Alasan lain mengapa saya mengagumi Cody Johnson adalah karena dia murni dan tidak mengubah siapa dia sebenarnya. Saya perhatikan bahwa artis di industri cenderung mengubah siapa mereka setelah mereka menjadi besar, tetapi Cody Johnson tidak berubah dari tempat dia memulai dan tetap pada akarnya. Lagu country favorit saya saat ini adalah “Half a Song” oleh Cody Johnson dan terus diputar ulang di truk pickup saya.

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman unik saat tampil di atas panggung?

Pertunjukan yang tidak akan pernah saya lupakan adalah Window Rock, AZ. Saya diundang oleh Navajo Nation untuk bernyanyi di pamerannya. Saya tidak pernah berpikir bahwa basis penggemar saya besar di Navajo Nation, tetapi saya menyadari bahwa banyak penggemar saya berasal dari sana!

Momen yang membuat acara ini berkesan dari yang lain adalah bahwa orang-orang di antara penonton menyanyikan salah satu lagu saya berjudul “Turquoise Cowgirl”. Lagu ini belum dirilis dan satu-satunya bukti lagu ini adalah video Tiktok yang saya posting setelah menulisnya malam sebelumnya. Itu adalah momen surealis dan salah satu yang tidak akan pernah saya lupakan.

Untuk musisi dari Indonesia, siapa yang diidolakan?

Saat tumbuh dewasa, ibu saya mendengarkan Melly Goeslow dan ST12, jadi hanya itu yang saya dengarkan ketika saya melakukan perjalanan jauh melintasi AS. Salah satu lagu favorit saya adalah “Bunda” karena ibu saya adalah sahabat saya.

Di mana Anda mengadakan konser sejauh ini?

Tahun lalu, saya mengadakan konser di berbagai bagian Texas, Oklahoma, Arizona, Utah, dan New Mexico. Saya telah mengadakan pertunjukan di negara bagian lain sebelumnya, tetapi saya kebanyakan fokus pada wilayah Barat Daya Amerika Serikat. Suatu hari saya ingin dapat bepergian dan bernyanyi di lebih banyak negara bagian sehingga saya dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Ada rencana buat lagu country dalam bahasa Indonesia?

Menulis lagu itu seperti otot, Anda harus melatih otot-otot itu hampir setiap hari dan menulis lagu juga sama. Dalam hal penulisan lagu, saya mencoba menulis lagu setiap hari meskipun saya tidak menyelesaikan lagunya. Ini bisa berupa hook, chorus, atau verse, tapi saya berusaha untuk menulis sebanyak mungkin. Karena saya sering bepergian untuk musik, saya menulis lagu di laptop atau di ponsel. Saya belum pernah kembali ke Indonesia selama bertahun-tahun tetapi jika saya mendapat kesempatan untuk kembali, saya pasti akan menulis musik di sana.

Dzaki Sukarno

Dan apakah ada rencana untuk merilis album country?

Meskipun saya tidak merilis album saat ini, saya telah merilis single pertama saya, “Turquoise Cowgirl” November ini. Saya baru-baru ini merekam lagu tersebut di Nashville!

Flashback saat mengikuti American Idol tahun lalu, bagaimana perasaan Anda saat mengikuti acara tersebut?

American Idol adalah pengalaman yang luar biasa secara keseluruhan. Saya bertemu banyak musisi luar biasa yang menjadi teman dekat termasuk teman saya Cam Allen. Merupakan suatu kehormatan menerima tiket emas ke Hollywood dan keseluruhan pengalaman membantu saya menemukan artis seperti apa yang saya inginkan.

Bagaimana Anda bisa ikut acara American Idol?

Tahun saya mengikuti audisi untuk American Idol adalah tahun Covid-19. Karena itu, saya awalnya mengikuti audisi melalui zoom. Saya ingat melewatkan kelas saya untuk audisi dan kemudian bernyanyi di depan produser. Sebelum mengikuti audisi acara TV, orang harus melakukan audisi di depan produser terlebih dahulu. Setelah saya melakukan audisi, saya menunggu sebulan dan kemudian saya diberitahu bahwa saya akan pergi ke Ojai, California untuk bernyanyi di depan Luke Bryan, Katy Perry, dan Lionel Richie.

Pengalaman apa yang Anda ambil selama mengikuti American Idol?

Hal terbesar yang saya pelajari dari pengalaman saya di acara itu adalah kehadiran panggung dan kepercayaan diri. Pada saat itu, saya masih mencoba mencari tahu artis seperti apa yang saya inginkan, karena acara itu, saya sekarang tahu.

Dzaki Sukarno

Apakah ada rencana di masa depan untuk ikut dalam acara seperti itu lagi?

Saya tidak punya rencana untuk melakukan pertunjukan lagi atau acara lain yang mirip dengan American Idol. Bukannya saya tidak menyukainya tetapi karena saya percaya, kita tidak membutuhkan pengalaman itu untuk sukses di industri musik.

Apa impian Anda yang belum terwujud sebagai musisi country?

Impian saya adalah membuka jalan bagi mereka yang kurang terwakili dalam genre musik country. Menjadi penyanyi country Asia. Sulit untuk menerobos karena tidak banyak orang Asia di industri musik country. Jika saya bisa menjadi representasi itu, itu akan luar biasa. Ada begitu banyak pendengar negara Asia di luar sana dan saya pikir akan luar biasa menjadi suara itu untuk mereka dan menjadi idola yang dapat diteladani.

Apa rencana masa depan untuk karir Anda sebagai musisi country?

Rencana saya adalah menjadi penyanyi country terobosan di tahun depan atau beberapa tahun. Saya ingin terus menulis dan merilis musik untuk penggemar saya. Terlepas apakah saya berhasil atau gagal, saya akan selalu terus bernyanyi dan mengejar impian