Berbekal pengalamannya bekerja di restoran sejak lulus kuliah, Edwin Lau, pria berkulit putih dan murah senyum ini namanya semakin dikenal sebagai Healthy Chef melalui program TV sebagai host di acara Hidup Sehat.

Ketika mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan pada tahun 2000, Edwin memilih jurusan perhotelan, selama 3 tahun ia menimba ilmu sambil mendalami berbagai menu masakan.

“Saya pertama kali masuk dunia kuliner waktu kuliah tahun 2000, sudah 18 tahun terjun ke dunia masak, sudah banyak makan asam garam, lulus kuliah saya bekerja di dunia restoran, pertama itu di Bali tapi pelan-pelan pindah ke satu hotel hingga ke hotel yang lain, lebih banyak di restoran Jepang,” ungkap Edwin saat wawacara bersama Kabari di kawasan Jakarta Selatan.

Sudah malang melintang di dunia kerja yang fokus di bidang kuliner, Edwin melebarkan sayapnya hingga merambah ke dunia bisnis khusunya healthy food dan selain sebagai chef ia juga dikenal sebagai seorang guru dan entrepreneur dengan membuka kelas masak sendiri.

Menjadi seorang chef berjalan dan mengalir begitu saja, kehadirannya sebagai narasumber di stasiun televisi, Edwin kerap memberikan beragam menu masakan untuk kesehatan.

“Saya rasa saya bukan memilih jadi healthy chef, tapi healthy chef itulah yang memilih saya, karena dulu ketika saya mengisi acara masih di televisi, konsep yang diangkat adalah seorang koki yang sehat, jadi kebetulan saya punya background pendidikan yang sebetulnya bukan dokter, tapi saya banyak belajar, saya banyak meluangkan waktu saya di perpustakaan, saya belajar buku kedokteran buku  memasak, buku nutrisi kesehatan,” ungkap Edwin.

Untuk menjaga kesehatan, Edwin mengungkapkan menjaga kesehatan dimulai dari lingkungan keluarga “Bagi saya semua itu dimulai dari keluarga, jadi apa yang kita lakukan di rumah kalau kita bisa sehat di luar pasti kita bisa sehat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, “Prinsip saya adalah di rumah harus makan sehat dulu, kalau di luar kita beraktivitas susah untuk menjaga makanan sehat,” katanya. Selian itu, Edwin juga menciptakan pola makan sehat yang dikenal dengan diet Ketogenik yakni dengan cara  menjaga makanan sehat yang seimbang untuk kesehatan tubuh.

“Di rumah saya kurangi garam, kurangi gula, saya usahakan tidak makan karbohidrat, karena menjalani diet ketogenik, jadi porsi lemak tinggi, pertama lambung baik, moderat protein dan sangat rendah karbohidrat,” kata Edwin yang memiliki kebiasaan hidup sehat, selain  diet, ia juga rajin melakukan olah raga setiap minggunya. Sebagai seorang Healthy Chef, Edwin selalu menerapkan gaya hidup yang sehat untuk dirinya dan keluarga.