New Jersey26 Juni 2019. Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) New Jersey menggelar acara silaturahim bersama Permias di wilayah East Coast, Amerika Serikat bertempat di Research Tower, Robert Wood Johnson Medical School, Rutgers, The State University of New Jersey. Kegiatan ini merupakan pertemuan yang pertama kali dilakukan oleh Permias di East Coast sejak Permias didirikan pada tahun 1961.

Kegiatan diawali dengan rapat konsolidasi para presiden Permias se-East Coast, meliputi Permias New Jersey, Permias New York City, Permias Massachusetts, Permias DC-Maryland-Virginia, dan Indonesian Student Association University of New Hampshire yang menghasilkan forum komunikasi presiden Permias se-East Coast.

Forum komunikasi ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan dan memperkuat rasa persatuan di antara pelajar Indonesia di wilayah East Coast. Kedepannya forum ini akan menjadi wadah bagi para presiden Permias untuk saling bertukar pikiran, memberi dukungan, dan melakukan berbagai kegiatan positif secara bersama-sama. Salah satu hal positif yang digagas adalah adanya kerjasama melalui pendekatan lima pilar (pentahelix) antara Permias di wilayah East Coast dengan diaspora dan berbagai lembaga di Amerika Serikat untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat para mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat.

Kegiatan dilanjutkan dengan silaturahim dan makan malam bersama. Hadir dalam pertemuan ini adalah Prof. Dr. Bana Kartasasmita, salah satu pendiri Permias pada tanggal 24 Desember 1961. “Permias didirikan atas dasar persatuan, untuk menyatukan para pelajar Indonesia yang pada saat itu hanya berjumlah 320 orang, tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat.” kata Beliau seraya mengingatkan cita-cita Permias saat pertama kali didirikan lebih dari lima puluh tahun yang lalu.

Kegiatan dilanjutkan dengan eksibisi pencak silat oleh Perguruan Cahaya Hati dan Inti Ombak USA yang berbasis di New York. Kegiatan ini didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Washington DC (KBRI Washington DC), Konsulat Jenderal Republik Indonesia New York (KJRI NY), dan Indonesian Gastronomy Association, New York.