KabariNews – Gerhana Matahari total memang sangat menarik disaksikan dan dibicarakan. Tak kurang peristiwa alam ini telah menyedot para ilmuwan dalam dan luar negeri serta turis mancanegara berbondong-bondong menyaksikan takjub fenomena alam kali ini. Bagi bangsa Indonesia khususnya masyarakat tradisi mitos gerhana masih mempengaruhi kehidupan mereka paling tidak memandang apa yang terjadi sebagai wujud besarnya Kuasa Tuhan.

Gerhana matahari menyambangi seluruh bumi Indonesia, fenomena langka ini disambut suka cita oleh masyarakat negeri ini. Ada yang merayakannya bersama keluarga di rumah sambil menonton live streaming, layar televisi atau internet, bersembahyang di Masjid sambil berucap syukur kepada Yang Maha Kuasa, menyambut dengan pernak–pernik kacamata di mata sampai dengan Selfie bersama gerhana matahari.

Tak ada yang salah masing-masingnya punya cara dalam mengikuti terjadinya peristiwaa besar ini. Bahkan Presiden Joko Widodo menyaksikan fenomena gerhana matahari dengan gaya khas menggunakan atasan putih dan sarung kotak-kotak yang kali ini berwarna biru. Seperti yang nampak dalam foto yang diunggah di akun sosial medianya. “Menyaksikan gerhana matahari total dari Istana Bogor. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah,” tulis Jokowi melalui akun Facebook resminya.

Baca artikel selengkapnya di Kabari Digital