Kabari News – Jika Anda merupakan diaspora dan ex-WNI yang tinggal di luar negeri, tak terkecuali di Amerika Serikat dan ingin membuka usaha di Negara asal, Anda dapat melakukannya. Hanya saja, usaha itu adalah usaha sendiri dan tidak ada majikannya.

Bambang Irawan, Ditjen Imigrasi kepada kabarinews.com di sela-sela acara Indonesian Diaspora National Convention and Indo Fest USA di New Orleans, Louisiana mengatakan bahwa ex –WNI dapat melakukan atau membuka usaha dalam rangka menghidupi keluarganya di negara asalnya.“Kalau dalam bidang usaha yang diatur sebagaimana dalam UU Imigrasi, usaha  yang dimaksud adalah usaha yang tidak ada majikannya alias usaha sendiri, ini legal sifanya dan diperbolehkan” kata Bambang.

Namun sebelum bisa melakukan usaha terlebih dahulu, Bambang menambahkan hal ini dapat dilakukan ex-WNI jika yang bersangkutan sudah mendapat temporary stay menjadi penduduk Indonesia. Dan menurut UU, pemegang izin tinggal tetap atau temporary stay ini merupakan penduduk Indonesia dan harus tunduk kepada undang-undang kependudukan.

Pemahaman yang sudah disepakati antara pengurus disini- maksudnya diaspora Indonesia di luar negeri dan pihak dari imigrasi, Bambang mengatakan untuk ex-WNI ada kemudahan-kemudahannya yang bernama visa kunjungan untuk 60 hari. Visa kunjungan itu lalu dapat diperpanjang selama empat kali setiap perpanjangan 30 hari dan totalnya menjadi 6 bulan.

“Itu bisa dialihkan statuskan atau di-convert menjadi temporary stay untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu tertentu itu bisa diberikan menjadi dua tahun asalkan di-convert terlebih dahulu kemudian bisa ditambah lagi menjadi enam tahun” tutur Bambang.

Proses ini sudah bisa dilakukan karena semenjak Agustus 2013 setelah dilangsungkan konvensi diaspora, pihak Imigrasi mengeluarkan surat edaran Imigrasi pada November 2013. Surat Edaran ini memberikan semacam petunjuk teknis perwakilan Indonesia di luar negeri untuk urusan visa dan kantor imigrasi untuk urusan convert yang dijelaskan di atas. “SOP-nya sudah ada dan mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar”pungkas Bambang. (1009)