KabariNews – Papua siap menyapa dunia melalui festival budaya Danau Sentani. Festival Danau Sentani (FDS) muncul sejak tahun 2008 dan selalu ramai. Acara tahunan akan digelar di Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua pada 19 -23 Juni 2015. Berbagai kegiatan akan dipertontonkan di ajang ini, salah satunya adalah pentas tari Isolo yaitu menari di atas perahu.

Ada yang tak kalah unik dan menarik, yaitu Gema Tifa Kolosal atau biasa dikenal dengan acara pementasan musik dengan menggunakan alat musik tradisional Papua, tifa. Alat musik tifa pun diangkat menjadi ikon pada FDS 2015. Tifa merupakan atribut kebesaran yang biasa dimainkan saat pesta adat sukacita dan dukacita.

Mengusung tema “Budayaku Sejahteraku” yang merupakan eskpresi dari kecintaan terhadap sesama manusia melalui pergulatan karakter budaya sebagai bagian hidup yang strategis. Acara ini diimplementasikan melalui norma kehidupan yang penuh damai, kerukunan dan termasuk menyejahterakan masyarakat melalui kearifan lokal serta pendekatan kekuatan ekonomi yang potensial dari berbagai sektor di Kabupaten Jayapura.

Penyelenggaraan FDS 2015 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sudah delapan kali digelar dan selalu mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata. Penyelenggaran FDS 2015 dimaksudkan untuk mempromosikan potensi seni dan budaya, serta ajang promosi obyek wisata, pelestarian seni budaya dan ekosistem Kab. Jayapura. Hal ini bertujuan untuk menggerakkan ekonomi daerah serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Jayapura.

Arief Yahya Festival Danau SentaniMenteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, acara FDS menjadi sarana penting dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani serta menjadi atraksi dan daya tarik wisata “Wonderful Indonesia” untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara khususnya Jayapura maupun Indonesia pada umumnya.

Pada penyelenggaran FDS 2015 ini Kementerian Pariwisata sudah merancang 5 agenda, yaitu pagelaran budaya, pameran, tur wisata dan pasar produksi ekonomi, serta lomba-lomba kesenian dan olahraga. Kegiatan FDS 2015 ini juga akan dilakukan pemecahan Rekor Muri untuk tebar benik ikan nila sebanyak 1 juta ekor dan kerja bakti missal 10 ribu orang (Save Sentani Lake). Pembersihan Danau Sentani serta bursa batu akik Cycloop (Save Cycloop Mountain). Anda tertarik menyaksikan keindahan budaya timur Indonesia? Jangan lewatkan acara ini!

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77810

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1