KabariNews – Setelah tiga tahun berturut turut, pesta akbar para pesilat berkelas internasional, Pencak Malioboro Festival (PMF- 2012, 2013, 2014) digelar, tahun ini Persaudaraan Angkringan Silat (PAS) dan Tangtungan Project menghadirkan festival yang lebih besar dan lebih spektakuler, JAMBORE PENCAK 2015.

Diselenggarakan pada tanggal 28 -31 Mei 2015, sebagai perwujudan atas  permintaan Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan  mendapat dukungan penuh dari Bapak Anis Baswedan sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan. Jambore Pencak 2015 dimaknai sebagai pertemuan besar lebih dari 7500 pesilat dengan satu semangat yang sama, semangat melestarikan dan mencintai budaya bangsa, serta semangat sportifitas, menghargai keberagaman dalam satu kesatuan keluarga pencak silat.

Pencak Silat bukan hanya sekedar ilmu beladiri semata, akan tetapi didalamnya tertanam juga ajaran budi pekerti, tradisi dan nilai–nilai budaya bangsa Indonesia yang terkenal luhur sejak ratusan tahun lamanya. Sebuah seni beladiri dan budaya yang menjadi tonggak kejayaan Bangsa Indonesia selama berabad–abad yang juga menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tapi juga mental bahkan spiritual. Namun pencak silat mulai terlupakan, terabaikan, bahkan mungkin tersingkirkan di negeri ini. Disinilah perlunya pengenalan ulang kepada generasi muda, sebagai pembangunan karakter bangsa.

“Semua keadaan tak akan membaik, semua impian tak akan terwujud jika tanpa kerjasama dengan semua pihak ; pesilat, perguruan, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Ketika semua ambil bagian porsi masing-masing dalam rangka bekerjasama, niscaya cita-cita besar ini tidak akan bisa terwujud. Maka, marilah kita bersama-sama untuk berendah hati mau berefleksi, mau bersemangat untuk membangun diri menjadi insan Indonesia berpancasila yang lebih baik lagi, yang bisa mengaplikasikan nilai-nilai silat menjadi daya hidup yang menghidupi,” kata Wani Dharmawan dalam siaran persnya.

Dengan semangat ini PAS dan Tangtungan Project terus bergerak bagaikan bola salju perubahan, membawa semangat dan amanat para leluhur, membangkitkan kembali budaya adiluhung, moral pendekar nusantara. Kita bangunkan kembali budaya yang tersisihkan ini menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Salah satunya dengan penyelenggaraan Jambore Pencak 2015 yang merupakan rangkaian event pariwisata tahunan Indonesia Pencak Malioboro Festival (PMF).

“Silat itu bukan hanya melatih fisik, tapi juga mental dan spiritual sehingga bisa menambah kepercayaan diri pada seseorang. Pencak silat bukan sekedar ilmu bela diri semata, tapi mengajarkan nilai, kejujuran, sikap, budi pekerti, tradisi, hingga sikap disiplin. Pencak silat ini otomatis menciptakan karakter, nilai, kejujuran, kedisiplinan, dan banyak yang bisa kita peroleh. Sayangnya, sikap mulia itu mulai kendur seiring berubahan zaman di era globalisasi saat ini. Kita harus bisa mengapresiasi bahwa pencak silat itu keren lho. Bela diri Indonesia kita ini hebat, tidak usah melihat keluar. Tengok yang di dalam. Saya mendukung penuh kegiatan ini (Jambore Pencak)”  Dukung Anis Baswedan secara langsung di acara Pra Jambore Pencak Nusantara yang 14 Februari 2014 lalu.

Sebagai tuan rumah acara Jambore Pencak, KGPH Hadiwinoto selaku Ketua IPSI DIY dan Walikota Jogjakarta Drs H. Haryadi Suyuti  terlibat langsung dan selalu  memberikan dukungan dan fasilitas kepada komunitas Paseduluran Angkringan Silat (PAS) dan Tangtungan Project sebagai penyelenggara PMF dan Jambore Pencak Pemerintah juga sudah memberikan dukungan terhadap masyarakat Pencak Silat, dari sisi pelestarian dan pengembangan budaya.

“Mari kita sambut, sukseskan dan Ramaikan Jambore Pencak Silat Nusantara, sebagai bentuk keperdulian kita pada Silat dan pada pelestarian budaya bangsa,” kata ketua penyelenggara dan Koordinator PAS Ludyarto Wibowo. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77194

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1