festival wayang internasional

Indonesia menjadi tuan rumah Festival Wayang Internasional yang akan diadakan pada tanggal 12-13 September 2013 di Bale Rumawat, Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung. Wayang merupakan kesenian tradisional yang patut dibanggakan. Selain Indonesia yang akan tampil, pada FWI 2013 nanti juga akan ada wayang dari 7 negara di dunia. Tujuh negara itu adalah Madagaskar, Australia, Belanda, Singapura, Filiphina dan Turki.

Studio Pohaci ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia dan akan menampilkan wayang motekar. Pertunjukan wayang motekar hampir sama seperti pertunjukan wayang kulit, dimana saat pentas menampilkan bentuk siluet. Namun ada yang beda, karena bukan hanya siluet hitam saja yang akan ditampilkan, tapi beraneka warna.

Festival wayang bertaraf internasional ini merupakan pagelaran perdana yang digelar di Indonesia. Hal ini disampaikan Hendra Permana selaku panita acara. Hendra mengatakan, festival yang diikuti 7 negara ini akan menampilkan wayang dari masing-masing negara dengan bahasa dan ciri khas masing-masing. Jangan khawatir, meski dengan bahasa asing, penonton masih bisa mengikuti pertunjukan wayang. Hendra menjelaskan wayang dari negara lain akan memperbanyak gerakan dan tarian, begitu juga dengan teks percakapan akan menggunakan idiom bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipahami.

Akan ada banyak pesan moral yang disampaikan selama pagelaran wayang berlangsung. Kegiatan positif ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat agar lebih mencintai kesenian tradisional, terutama wayang. Pagelaran pertama akan dimeriahkan dengan wayang dari empat negara tepat di pukul 10.00. Di hari kedua pagelaran akan berlangsung hingga sore hari dan puncaknya akan ditutup oleh penampilan Indonesia dengan wayang motekar. Pertunjukan wayang ini digelar gratis untuk umum.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58429

Untuk melihat artikel Seni lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah