Film Autobiography yang diproduksi oleh Yulia Evina Bhara dari rumah produksi KawanKawan Media tayang perdana di Festival Film International Venice pada 3 September 2022.

Film Autobiography merupakan satu-satunya film dari Asia Tenggara yang ditayangkan secara perdana di Festival Film Venice. Film dibintangi oleh aktor Arswendy Beningswara, Kevin Ardilova, Lukman Sardi, Yusuf Mahardhika, Rukman Rosadi, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto. Film ini merupakan film panjang pertama garapan sutradara dan penulis skenario muda Makbul Mubarak.

Autobiography menceritakan dinamika sosok Rakib yang diperankan oleh Kevin Ardilova dan seorang pensiunan Jenderal yang diperankan oleh Arswendy Beningswara. Rakib bekerja sebagai penjaga rumah dan asisten pribadi bagi Jenderal Purna yang sedang mencalonkan diri sebagai bupati Bojonegoro.

Dari hubungan Rakib dan Sang Jenderal, penonton diajak untuk mengikuti cerita tentang hubungan psikologis anak dan figur ayah, serta dinamika demokrasi dan sosial budaya yang terjadi dalam proses pemilihan bupati di Bojonegoro, Jawa Timur.

Film Autobiography ditayangkan bersama puluhan film lain diantaranya dari Ukraina, Perancis, Argentina, Jepang. Film ini bergenre sense thriller dan masuk dalam kategori Orrizonti pada Festival Film Venice, yaitu kategori film yang menonjolkan sisi ekspresif dan aesthetic. Festival Film Venice tahun ini merupakan seri ke-79, dan merupakan bagian dari La Biennale di Venezia, tradisi perayaan budaya yang telah diselenggarakan sejak tahun 1895.

Dari pantauan perwakilan KBRI Roma di Venice, antusiasme publik Italia dan penonton internasional jelas sangat terlihat dari standing applause yang diberikan sesaat setelah penayangan perdana film Autobiography. Dalam sesi tanya jawab banyak pujian dan juga berbagai pertanyaan sebagai bentuk keingintahuan publik. Salah satu penonton menanyakan bagaimana proses pembuatan film sehingga dialog-dialog yang ada terasa begitu mendalam dan mengena. 

Makbul Mubarak menjelaskan dialog terbentuk dari proses diskusi dan latihan acting intensif yang dilakukan bersama para aktor dalam waktu cukup lama, selama 2 tahun masa pandemi. Dari proses tersebut skenario dikembangkan dan menghasilkan dialog-dialog yang mengena. Produser film Yulia Evina Bhara menyampaikan bahwa film ini membawa pesan dan juga hendak menceritakan dinamika demokrasi di Indonesia serta bagaimana proses demokrasi dirasakan secara lintas generasi.

Film ‘Autobiography’ yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang Festival Film Internasional Venice merupakan hasil kolaborasi dari banyak talenta. Sutradara muda Makbul Mubarak juga menyampaikan rasa haru dan bangga karena film dan naskah yang pada awalnya ditulis sebagai curahan hati pribadi dapat menjadi sebuah film yang ditayangkan dan mendapat apresiasi dari publik internasional.

 Pembuatan film dan penayangan perdana Autobigraphy didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, serta bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Goethe Instititute Jerman