KabariNews – Internasional Watercolour Society (IWS) Indonesia didukung Galeri Nasional Indonesia akan mengadakan pameran cat air International perdana, bertema LovE@rth (Love Earth through Art), pada 3–14 September 2015 di Gedung B dan C Galeri Nasional Indonesia.

Dalam siaran pers Galeri Nasional, Selasa, (2/9), dikuratori oleh Eddy Soetriyono & Efix Mulyadi, pameran lukisan cat air “LovE@rth” (atau Love Earth Through Art) ikut menyuarakan keprihatinan akan masa depan bumi dan tentu juga masa depan kemanusiaan, dengan skala yang terbatas. Sebagai bagian dari kerja kebudayaan, pameran seni memang hanya bergerak di dalam tataran simbolik. Dalam perspektif nilai-nilai yang diperjuangkan, pameran ini bisa menjadi semacam “ruwatan” untuk membersihkan dunia dari sifat loba dan tamak, yang menjadi akar dari kejahatan lingkungan alam tersebut.

Judul pameran ini yang merujuk pada dua kata kunci, yaitu “cinta” dan “bumi”, serta penggunaan tanda baca “@”, sudah menyampaikan secara ringkas apa yang diharapkan tampil di hadapan publik. Tanda baca “@” yang memberi asosiasi pada masa depan, yaitu zona waktu yang didahului oleh era internet, digital, dan teknologi nano, mendorong  melihatnya sebagai masalah manusia hari-hari ini dan masa mendatang. Efix Mulyadi mengatakan pesannya jelas, yaitu kelangkaan cinta akan menghancurkan dunia seisinya, sebaliknya kehadiran cinta akan menyembuhkan.

LovE@rth menampilkan 177 lukisan dan instalasi cat air hasil kreasi 145 peserta (84 peserta Indonesia dan 61 peserta Internasional)  dari  23 negara. Selain pameran cat air, ada juga kontes plein air/ lukis on the spot yang dapat diikuti oleh umum dan melukis bersama di atas kertas sepanjang 20 meter.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79666

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

 

kabari store pic 1