KabariNews – Kementerian Parisata bekerjasama dengan Komisi X DPR-RI, Pemda Kota Bekasi, DISBUDPAR, dan DISDIK Kota Bekasi menggelar acara Gema Nusa Patriot (GNP) Arts Festival 2018 yang bertempat di Area Car Free Day Summarecon, Kota Bekasi pada Minggu (25/11). Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk mensosialisasikan pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kota Bekasi.

Acara Gema Nusa Patriot (GNP) Arts Festival 2018 menghadirkan atraksi utama yakni Tari Massal Ronggeng Menor. Sebanyak 1500 penari asal Kota Bekasi mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA dari berbagai sekolah turut berpatisipasi di acara yang digelar di Area Car Free Day Summarecon. Digelarnya tari Ronggeng Menor ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan kembali kearifan budaya lokal, yang juga berkaitan dengan identitas lingkungan sosial masyarakat Kota Bekasi. Rencananya, Pemkot Bekasi berkomitmen untuk rutin menggelar acara serupa di Kota Bekasi.

Mewakili Kementerian Pariwisata, Kepala Bidang Pemasaran Area I, Kementerian Pariwisata RI, Wawan Gunawan nampak hadir sekaligus memberikan sambutan. Wawan menyatakan jika kota Bekasi harus mampu bersaing dalam mengembangkan Pariwisata dan Kebudayaan dengan standar global, karena pariwisata saat ini telah ditetapkan sebagai core business Indonesia yang turut mendorong perekonomian Indonesia, sesuai pesan Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

“Mengingat saat ini, pariwisata telah ditetapkan sebagai core business Indonesia, saya yakin Kota Bekasi mampu bersaing dalam mengembangkan pariwisata dan kebudayaan yang berstandar global. Semakin berstandar global, Bekasi akan dikenal dunia internasional, maka secara otomatis jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat, dan saya yakin pariwisata akan mampu mensejahterakan masyarakat” ungkap Wawan dalam sambutannya.

Selain Kementerian Pariwisata, Anggota DPR RI Komisi X, Nurodji turut hadir dalam acara Gema Nusa Patriot (GNP) Arts Festival 2018. Dalam sambutannya Nurodji menyampaikan harapan agar Kota Bekasi bisa menjadi kota wisata yang berbudaya. Nuroji juga mengapresiasi Kementerian Pariwisata yang selalu mendukung upaya pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan prosesi budaya di Indonesia khususnya di Kota Bekasi agar menjadi atraksi pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Di kesempatan ini, saya memberikan apresiasi Kementerian Pariwisata yang selalu mendukung upaya pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan prosesi budaya di Indonesia khususnya di Kota Bekasi. Ke depannya, semoga Kota Bekasi bisa menjadi kota wisata yang berbudaya”, jelas Nurodji.

Acara Gema Nusa Patriot (GNP) Arts Festival 2018 dibuka oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Tri Adhianto secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah turut serta mengembangkan pariwisata di Kota Bekasi. Wawali Bekasi juga berkomitmen untuk bekerja sama membangun Kota Bekasi sebagai kota wisata yang berbudaya.