Hari Film Nasional di Bengkulu sukses digelar, banyak antusias dari komunitas dan anak – anak muda Bengkulu hadir menyaksikan film lokal yang berhasil mendfatrkan film mereka kepada tim panitia Fattah Creative.

Genre, durasi dan tema dibebaskan oleh panitia untuk para peserta karena PENDAP (Pemutaran dan Apresiasi Perfilman) tahun ini mengusung tema Open Screen atau layar terbuka untuk semua film lokal dari komunitas manapun.
Selain itu ada penampilan musik dari IDM Band yang vokalisnya seorang perempuan bernama kak Martha bekerja sebagai pengacara, ia dan Band-nya menyanyikan lagu andalan mereka yaitu ‘Bengkulu Kito’.

Sejalan dengan tujuan merayakan Hari Film Nasional di Bengkulu. Pada penyelenggaraan acara terdapat hal menarik dalam ‘Layar PENDAP Open Screen 2023’, panitia juga membuat gerakan ‘Berkain Basurek’ bagi pengunjung yang hadir sebagai wujud melestarikan kain dengan motif kesenian dan budaya asli dari Bengkulu.

Berlokasi di Eternal Social Space Jalan Kenanga 4 Bengkulu, sesi diskusi yang ditunggu diakhir pemutaran menjadi forum diskusi yang santai namun berfokus pada pembahasan perfilman Bengkulu untuk kedepannya. Para peserta diskusi merupakan perwakilan dari beberapa komunitas diantaranya, Lunar Indonesia, Locost Film, Layar Pojok, Digital Production, mahasiswa/i Universitas Bengkulu, mahasiswi Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno saling berbagai ilmu satu sama lain, dan memberi edukasi bagi penonton tentangdunia perfilman di daerah.

Fattah Creative mengajak anak muda untuk terus berkarya mengangkat Bengkulu melalui film dan karya seni lainnya sesuai dengan bidangnya masing – masing.

“Seneng banget acaranya bisa berjalan lancar dengan persiapan yang cukup dekat, tapi berkat dukungan dari berbagai pihak acaranya bisa berjalan dengan baik, terutama untuk Bapak Gangsar Sambodo kakak kandung dari Ashanty yang memberi support penuh, mendukung anak – anak muda di Bengkulu untuk berkreatifitas, mudah – mudahan ini bisa menjadi pemacu untuk komunitas lain-nya saling berkolaborasi mengangkat potensi dari Bengkulu”. Ucap Elen founder dari Fattah Creative kepada KABARI.

Diakhiri dengan sesi foto bersama menggunakan kain basurek, semua panitia dan pengunjung terlihat bahagia dalam gelaran ‘Layar PENDAP Open Space’ di Eternal Social Space, Jalan Kenanga 4, Bengkulu.

Baca Juga: