​Grup band melodic death metal Indonesia asal Pulau Dewata, Ludicia, sukses membakar Wacken Open Air 2022 yang diselenggarakan di Wacken, Schleswig-Holstein, Jerman, pada 4 Agustus 2022.

Suhu panas di Wacken yang mencapai 32°C pada saat pertunjukan Ludicia tidak menyurutkan antusiasme metalhead yang menunggu penampilan band ini, melainkan semakin membakar semangat mereka.

Tampil di Headbanger Stage, Ludicia menampilkan tiga nomor andalannya, yaitu Intro, I am, Deserve, dan Paradigma. Perpaduan musik cadas dengan ornamen visual khas Bali pada penampilan Ludicia menjadi perhatian tersendiri bagi penonton Wacken Open Air karena berbeda dengan band metal lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

Ludicia mendapatkan tiket untuk tampil di Wacken Open Air 2022 setelah memenangkan kompetisi Wacken Metal Battle Indonesia. Dalam perjalanannya di Wacken Metal Battle Indonesia, Ludicia berhasil menjadi yang terbaik dari 387 band metal dari seluruh penjuru Indonesia.

Menurut Man Jasad (Indonesia) dan Caroline (Prancis), anggota juri internasional Wacken Metal Battle, band yang terbentuk pada akhir 2019 ini dapat mencuri perhatian dewan juri karena merepresentasikan aliran metal Indonesia dengan corak-corak asal Bali yang menjadi bagian integral dari pertunjukan mereka.

Partisipasi band metal asal Indonesia di Wacken Open Air melalui program Wacken Metal Battle merupakan yang keempat kalinya sejak tahun 2017, 2018, 2019, dan tahun ini. Antusiasme yang besar dari peserta Wacken Metal Battle Indonesia yang selalu diikuti oleh ratusan band dari Indonesia, serta konsistensi kualitas pemenang Wacken Metal Battle Indonesia menjadi alasan tersendiri terus diundangnya wakil Indonesia dalam Wacken Open Air.

Melalui partisipasi dalam Wacken Open Air 2022, Ludicia berharap ke depannya musik mereka dapat dikenal lebih luas oleh metalhead di Indonesia maupun di dunia.

“Segera setelah tampil di Wacken Open Air, kami akan fokus untuk proses produksi album kedua kami yang diharapkan akan lebih terarah dan lebih detail dengan aliran melodic death metal,” ungkap I Komang Tri Sandyasa Putra selaku penggebuk drum Ludicia.