Kabari News – Kuliah di luar negeri selalu menjadi dambaan dari sebagian pelajar Indonesia. Selain dari mutu dan kualitas  pendidikannya juga prestige yang dimiliki oleh perguruan tinggi tersebut. Belum lagi fasilitas yang diberikan oleh universitas luar negeri yang mempunyai berfbagai keunggulannya masing-masing. Berikut ini 10 kampus luar negeri yang menjadi incaran pelajar Indonesia berdasarkan survey yang dilakukan Litbang Koran Sindo seperti dikutip okezone.com (7/8).

1. Harvard  (24 persen)

Kampus di Amerika Serikat ini masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia. Selama ratusan tahun berdiri, Harvad telah melahirkan banyak alumni terkenal, salah satunya Barack Obama. Bahkan, banyak pejabat atau pendidik Indonesia juga merupakan jebolan kampus ternama ini.

2. Oxford  (22,8 persen)

Universitas tertua di Inggris ini didirikan pada 1096. Berdiri megah dengan arsitektur khas Eropa di Kota Oxford, kampus ini menjadi salah satu tujuan akademisi dari seluruh dunia.

3. Al-Azhar, Mesir (9,3 persen)

Al-Azhar banyak melahirkan ulama dan ilmuwan Islam. Tercatat sekira 3.800 pelajar Indonesia saat ini tengah menempuh pendidikan di Al-Azhar. Pemerintah melalui Kementerian Agama juga rutin menjalin kerjasama dengan Al-Azhar dalam pendaftaran mahasiswa baru jalur beasiswa.

4. Cambridge (7,3 persen)

Kampus yang didirikan di kota Cambridgeshire ini merupakan salah satu universitas dengan reputasi terbaik di dunia. Salah satu jurusan favorit di Cambridge adalah seni.

5. Yale (5,5 persen)

Universitas swasta di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat ini menekankan riset sebagai tonggak pendidikan. Yale juga menawarkan berbagai bidang studi seperti teater, drama, musik, kedokteran dan arsitektur.

6. Columbia (5,5 persen)

Berlokasi di New York, Columbia University didirikan pada 1754. Columbia termasuk dalam jajaran kampus paling prestisius yang memiliki berbagai bidang studi.

7. Boston University (4,8 persen)

Boston University didirikan pada 1839 di Massachusetts, Amerika Serikat. Boston masuk dalam urutan keempat universitas swasta terbesar di AS. Boston University menyediakan berbagai bidang studi seperti teknik, seni rupa, manajemen, kedokteran serta hukum.

8. Monash (4,5 persen)

Letaknya di Melbourne, Australia, yang tidak jauh dari Indonesia membuat banyak pelajar Indonesia tertarik untuk menjadikan Monash University sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Monash merupakan universitas terbesar di Australia. Ribuan pelajar Indonesia setiap tahun mendaftar di kampus ini.

9. Stanford (4,5 persen)

Soal mutu pendidikan, universitas di Carolina ini tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan lahirnya nama-nama besar seperti Hewlett-Packard (HP), Jerry Yang (pendiri Yahoo) dan Larry Page (pendiri Google). Primadona kampus ini adalah bidang tekniknya.

10. California (UCLA, 3,8 persen)

UCLA merupakan salah satu universitas terfavorit di Amerika Serikat yang mengutamakan pada bidang riset. Saat ini ada 72 ribu mahasiswa asing di UCLA. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68624

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :