KabariNews – Nama Indonesia berkibar lagi di kancah dunia, dan kali ini Banyuwangi sukses melangkah dan menduduki peringat pertama dalam ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Exelence and Innovation in Tourism ke-12.

Ajang bertaraf internasional ini adalah penghargaan inovasi di sektor pariwisata yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat ini UNWTO beranggotakan 157 negara, 6 anggota asosiasi, dan 480 anggota afilliasi dari sektor swasta, lembanga pendidikan, serta otoritas pariwisata. Sebagai organisasi internasional terkemuka, UNWTO bertugas mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan inklusif dan kelestarian lingkungan.

Keberhasilan Banyuwangi sebagai juara dunia dalam ajang tersebut tentunya sangat membanggakan, pasalnya sejak ajang UNWTO bergulir mulai 2003 – sekarang, baru kali ini Indonesia masuk dan bahkan langsung menjadi juara. Dalam ajang ini Banyuwangi keluar sebagai The Winner of Re-inventing Government in Tourism untuk kategori Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan.

Banyuwangi sukses mempersentasikan tema besar strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan dalam ajang tersebut. Program yang digadang-gadang Pemerintah Kabupaten Banyuwangi adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di bidang pariwisata.

Dalam kategori yang sama Banyuwangi mampu bersaing ketat dengan tiga negala lainnya, yaitu Kenya, Kolombia dan Puerto Rico. Selain Banyuwangi, dua wakil Indonesia yang turut menjadi finalis di dua kategori, yaitu Garuda Indonesia yang berhasil mendapat nominasi ‘Innovation in Enterprises’ dengan program ‘Bali Beach Clean Up’ dan Yayasan Karang Lestari melalui program ‘Coral Reef Reborn’ dalam kategori ‘Innovation in Non-Govermental Organizations’.