Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dijadwalkan akan kembali mendatangi Indonesia pada 3 September mendatang. Kunjungannya kali ini merupakan rangkaian dari lawatannya ke beberapa negara, seperti Cook Island, China, Timor Leste, Brunei, dan Rusia.

Rencananya Hillary akan berangkat dari Amerika pada Kamis (30/8), lalu menyambangi Cook Island terlebih dahulu pada Jumat (31/8). Menlu Clinton akan menghadiri Forum Kepulauan Pasifik (PIF). Kunjungannya ke Kepulauan Cook ini akan menekankan kedalaman dan luasnya keterlibatan Amerika di bidang ekonomi, lingkungan dan keamanan kawasan.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama lembaga-lembaga multilateral regional, mengembangkan kemitraan bilateral dan membangun aliansi di Asia Pasifik.

Setelah melakukan kunjungan ke Kepulauan Cook, ia akan terbang ke Jakarta pada 3 September. Di Jakarta ia akan membahas dengan para pejabat senior Indonesia terkait Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia dan isu-isu global regional.

“Menlu juga akan membahas isu-siu regional dan global” demikian siaran pers Kementerian Luar Negeri AS.

Selanjutnya, pada 4-5 September ia akan bertemu dengan para pemimpin senior China untuk membahas berbagai isu penting  terkait hubungan AS-China dan isu-isu bilateral, regional dan global. Pada tanggal 6 Hillary akan berkunjung ke Dili diteruskan ke Brunei dan terakhir akan ke Rusia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48509

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :