KabariNews – Rencananya Hillary Clinton  akan mengunjungi beberapa negara di Asia guna mempererat hubungan international di wilayah tersebut.

Menurut keterangan yang didapat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, Hillary akan berada di Indonesia pada tanggal 18-19 Februari mendatang.

Dalam perjalanan dinas luar negerinya yang pertama sejak menjabat sebagai Menlu, Clinton akan bertolak dari Washington DC menuju Asia pada 15 Februari. Menlu Clinton akan berkunjung ke Jepang (16-18 Februari), Indonesia (18-19 Februari), Korea Selatan (19-20 Februari), dan China (20-22 Februari). Hal ini diumumkan di Washington oleh Pjs. Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Robert A. Wood.

Di ibukota negara-negara tersebut, Menlu Clinton  akan membahas sejumlah pendekatan umum terhadap berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat internasional, diantaranya krisis pasar uang, isu-isu kemanusiaan, keamanan, dan perubahan iklim.

“Kunjungan Menlu Clinton yang dilakukan pada awal pemerintahan Presiden Obama menegaskan semakin pentingnya Indonesia bagi Amerika Serikat,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron R. Hume. “Beliau akan bertukar pandangan mengenai hubungan AS-Indonesia yang terus berkembang, termasuk kerjasama di berbagai bidang penting seperti pendidikan, keamanan regional, lingkungan hidup, perdagangan, dan kesehatan.”

Duta Besar Hume mengatakan bahwa Menlu Clinton berharap untuk dapat melihat secara langsung bagaimana Indonesia telah berubah menjadi sebuah negara demokrasi yang stabil dan moderat di dalam wilayah ASEAN yang penting. Duta Besar Hume juga mengatakan bahwa kunjungan tersebut juga menunjukkan pengakuan AS terhadap Indonesia sebagai sebuah negara yang mempunyai peran internasional dalam memecahkan krisis ekonomi global.