HIMBAUAN MASYARAKAT

PERKEMBANGAN SITUASI PENYEBARAN COVID-19

World Health Organization (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global. Selain itu, pemerintah Amerika Serikat juga telah menetapkan status national emergency untuk wabah COVID-19 di Amerika Serikat. KJRI Houston mencermati perkembangan situasi penyebaran COVID-19 dan mencatat bahwa terdapat konfirmasi pasien positif COVID-19 di 9 negara bagian wilayah kerja KJRI Houston yaitu Florida, Georgia, Texas, Louisiana, Tennessee, New Mexico, Arkansas, Oklahoma, dan Mississippi. Selain itu, beberapa daerah telah menyatakan state of emergency dan public health emergency antara lain: 

NEGARA BAGIAN / PERSEMAKMURAN

   Florida, Tennessee, Louisiana, New Mexico, Puerto Rico

KOTA & COUNTY

   Houston (TX), Harris County (TX), Montgomery County (TX), Dallas County (TX)

Terkait dengan hal tersebut, KJRI Houston menghimbau kepada WNI di wilayah kerja agar:

  1. Tetap tenang karena deklarasi tersebut bukan merupakan perintah lock down atau shutdown. Ini merupakan langkah pemerintah lokal agar dapat melakukan peningkatan upaya guna mengatasi penyebaran COVID-19 di wilayah masing-masing.
  2. Mematuhi arahan pemerintah setempat untuk membatasi kegiatan berkumpul yang melibatkan orang banyak ( > 100 orang).
  3. Individu yang memiliki gejala ringan (batuk terus menerus dan demam bersuhu di atas 37,3°C) agar tetap tinggal di rumah. Jika gejala memburuk, hubungi fasilitas kesehatan setempat.
  4. Bagi WNI yang berusia di atas 70 tahun, mohon agar dapat membatasi aktifitas di luar rumah.
  5. Mohon agar dapat memantau perkembangan situasi melalui sumber terpercaya seperti media massa, Health Department setempat, dan U.S. Center for Disease Control and Prevention.

Segera laporkan ke hotline KJRI Houston (+1 346 932 7284) jika terdapat WNI yang dinyatakan positif COVID-19.

Himbauan ini dapat berubah menyesuaikan perkembangan situasi.

 

KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK

PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KJRI HOUSTON

Masyarakat yang memerlukan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian di gedung KJRI Houston wajib mengikuti kebijakan berikut guna mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan KJRI Houston.

  1. Jika sakit, mohon beristirahat di rumah, apabila memerlukan pengurusan dokumen kekonsuleran dan keimigrasian yang mendesak, hubungi consular@indonesiahouston.net atau telepon +1 713 785 1691.
  2. Hanya pihak yang berkepentingan yang diizinkan memasuki area KJRI Houston. Bagi yang membutuhkan bantuan khusus seperti lansia dan disabilitas, silakan menghubungi KJRI Houston agar dapat dibantu oleh staf.
  3. KJRI Houston akan menyediakan drop box untuk pengurusan visa dan kekonsuleran selain Paspor RI. Staf Konsuler KJRI Houston akan menghubungi pemohon apabila diperlukan dokumen atau informasi tambahan.
  4. Seluruh tamu KJRI Houston akan melalui pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer. Bagi tamu yang memiliki suhu tubuh di atas 99,14°F atau 37,3°C tidak diperkenankan memasuki area KJRI.
  5. Tamu yang memerlukan layanan pengambilan data biometrik untuk Paspor RI disarankan untuk mengirimkan dokumen dan membuat janji temu terlebih dahulu melalui email consular@indonesiahouston.net
  6. Untuk pelayanan paspor tanpa janji temu (walk-in), pengambilan data biometrik akan dilakukan 1 jam setelah dokumen diserahkan kepada petugas. Hal ini untuk menghindari jumlah tamu terlalu banyak di ruang tunggu.
  7. Tamu yang menunggu di lobby gedung KJRI Houston agar menjaga jarak sekurang-kurangnya 1 meter.

Kebijakan ini akan diterapkan mulai Senin, 16 Maret 2020 dan akan disesuaikan dengan perkembangan situasi COVID-19 di Greater Houston Area.