Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono bersilaturahmi dengan para lansia di Sasana Tresna Wredha Karya Bakti Ria Pembangunan (STWKBRP), Selasa (18/6). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan SIKIB, Pilar Indonesia Peduli. Ibu Negara menyampaikan, kelak jumlah lansia semakin banyak seiring dengan peningkatan harapan hidup manusia. Pemerintah terus memperhatikan keberadaan lansia agar terus berdaya dan semakin hidup sejahtera.

Cibubur. Panti di bawah pengelolaan Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan (YKBRP) yang terletak di Jalan Karya Bakti, Cibubur, Jakarta Timur ini berubah ceria dan semarak berkat kehadiran Ibu Negara, Hj Ani Bambang Yudhoyono. Beliau disertai Ibu Wakil Presiden, Hj Herawati Boediono, beserta rombongan SIKIB. Para lansia menyambut dengan permainan alat musik angklung yang merdu.

Dalam sambutannya, Ibu Ani menyampaikan salam hangat dari Presiden SBY untuk para lansia. “Lansia bukanlah kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Lansia memiliki kebijakan, kearifan, dan pengalaman berharga yang bisa dijadikan tauladan bagi generasi penerus. Pemerintah selalu menghargai peran serta lansia,” demikian Ibu Ani menyampaikan pesan dari Bapak Presiden.

TAHUN 2050, JUMLAH LANSIA 22% PENDUDUK DUNIA

“Kini angka harapan hidup mencapai 70,8 tahun. Diharapkan ke depan, akan semakin baik dan semakin tinggi lagi angka harapan hidupnya,” ujar Ibu Ani. Untuk itu lansia hendaknya melakukan kegiatan yang disukai, agar batinnya bahagia, bisa tetap produktif, berdaya dan berkarya.

Kemudian, kelak pada 2050, jelas Ibu Ani, diperkirakan penduduk lansia berjumlah 2 miliar atau 22 persen dari penduduk dunia. Proporsi terbesar ada di negara berkambang, sebesar 80 persen. Dengan makin bertambahnya penduduk lansia, Ibu Negara berharap lansia di Indonesia semakin baik kondisinya, dan dengan kemampuannya masing=masing dapat terus berbakti bagi nusa dan bangsa.

“Mari kita berpikir positif, memandang masa depan dengan rasa dan pikiran yang positif, hidup produktif, melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara,” ajak Ibu Negara yang kala itu mendapat kenang-kenangan berupa lukisan bunga warna merah muda yang cantik dari Eyang Atmi (88), salah seorang penghuni Panti STWKBRP.

PEMERINTAH TINGKATKAN FASILITAS BAGI LANSIA

Disampaikan juga oleh Ibu Negara, bahwa pemerintah terus memperhatikan kesejahteraan para lansia dengan meningkatkan fasilitas dari yang sudah ada sekarang. Di antaranya, tempat duduk khusus di kendaraan umum, akses khusus dalam melakukan perjalanan penerbangan, keringanan pajak, reduksi tarif angkutan publik, layanan puskesmas, dan KTP seumur hidup.

Dengan semakin baiknya lansia, pemerintah akan terus meningkatkan perhatian, kemudahan dan fasilitas yang berpihak kepada lansia. Selain itu, selaku lansia, karena telah berusia 61 tahun dan juga memiliki KTP seumur hidup, Ibu Ani berkali-kali mengajak para lansia terus berkarya, dan juga berdoa agar kondisi negara semakin baik, sehingga memberi kebaikan pula bagi kesejahteraan para lansia. Ibu Ani juga mengapresiasi YKBRP yang telah mengisi waktu para lansia di bawah binaannya tetap aktif dalam kegiatan yang positif.

Mewakili Presiden SBY, Ibu Ani memberikan bantuan Rp 100 juta untuk STWKBRP. SIKIB juga memberikan berbagai bantuan, di antaranya taman hijau berkonsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), 6 kolam ikan lele, 1 piano elekton, buku, 1 set angklung, pelatihan sulam perca selama sebulan, imunisasi influenza bagi lansia dan staf sejumlah 250 orang, tempat tidur pasien, pembuatan saung, pembuatan pondok bibit dan rumah kompos.

Didaulat untuk memberikan nama bagi kebun baru di kawasan STWKBRP tersebut, Ibu Ani mengusulkan nama ”Taman Lansia Sejahtera”, yang langsung disambut meriah. Dalam kunjungan tersebut tampak pula Ibu Niniek Dipo Alam, Ibu Gamawan Fauzi, Ibu Lusie Susanto dan juga Ibu Chandra sebagai ketua pengelola Panti STWKBRP. (Buyung Zulfiar)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56496

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :