KabariNews – Undang-Undang mengenai Surat Izin Mengemudi untuk imigran gelap di California umumnya dikenal Assembly Bill 60 (AB60). Perundangan ini sudah ditandatangani Gubernur Jerry Brown Oktober tahun lalu. Dan, akan resmi diberlakukan di California 1 Januari 2015.

SIM AB60 sedikit lain dari SIM California umumnya. Ada tanda yang menyatakan bahwa SIM ini merupakan surat izin untuk mengemudi saja. Desain SIM khusus ini masih belum dirilis Department of Motor Vehicle (DMV California), karena menunggu persetujuan pemerintah federal.

Artinya, SIM AB60 bukan kartu tanda penduduk resmi California. Jadi, tidak bisa dipakai sebagai KTP untuk naik pesawat terbang atau buka rekening bank. Tetapi, SIM AB60 bisa dipakai untuk membeli asuransi mobil dan, tentu saja, mengemudi mobil secara legal di California.

Berikut adalah 10 TIP terpenting dalam mengurus SIM AB60:

1. Belajar, belajar dan belajarlah! Persiapkan diri baik-baik menghadapi ujian tertulis (written test) DMV di California. Anda bisa mendapatkan buku panduan California Driver Handbook berbahasa Inggris secara gratis di semua kantor DMV California. Atau, dapatkan secara gratis di laman DMV secara online. Atau, unggah (download) aplikasi DMV NOW di telepon selular Anda. Situs resmi SIM AB60 www.ab60.dmv.ca.gov.

Buku Panduan berbahasa Indonesia masih belum tersedia. Tetapi, DMV California menyediakan ujian tulis berbahasa Indonesia. Contoh 5 ujian tulis (sample test) mengemudi di California dalam bahasa Indonesia dirilis di www.Kabarinews.com. Manfaatkan internet/ youtube untuk belajar latihan soal-soal ujian tulis DMV California.

2. Anda tidak perlu CALO (perantara) untuk mengurus SIM di California. Biaya aplikasi SIM AB60 ini hanya $ 33 saja.

3. Jika Anda pernah melanggar peraturan lalu lintas, kena tilang dan mendapatkan tiket/ denda, pastikan Anda membayar dulu semua tiket/ denda tersebut. DMV hanya akan memproses permohonan SIM setelah Anda membereskan tiket pelanggaran lalu lintas.

4. Walaupun UU AB60 resmi berlaku mulai 1 Januari 2015, Anda sudah bisa melakukan reservasi appointment dengan DMV untuk mengurus SIM jenis ini 90 hari sebelum UU berlaku. Kunjungi secara online di www.dmv.ca.gov atau telepon 1 (800) 777-0133. Bisa Anda coba reservasi sendiri secara online awal Oktober ini.

5. Ingatlah, Anda harus sudah siap-siap untuk mengikuti tes tertulis (written test) di hari appointment Anda dengan DMV! Ujian teori mengemudi California biasanya berupa 36 soal pilihan ganda. (1006)