KabariNews – Saat ini marak dibicarakan tentang perkawinan sesama jenis. Terlepas dari pro kontra yang berkembang di banyak negara, di sini dituangkan kondisi yang ada di Amerika tentang isu tersebut. Bagaimana peraturan keimigrasian di Amerika menyikapi hal tersebut. Berikut kupasan dari Pengacara Jason Y Lie, APC.

Pada 26 Juni 2015 Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan, larangan tingkat negara bagian terhadap pernikahan sesama jenis adalah tidak konstitusional. Akuntansi Proses Karena dan Klausul Equal Perlindungan Amandemen keempatbelas dari Konstitusi, pengadilan memutuskan bahwa penolakan surat nikah untuk pasangan sesama jenis adalah ilegal.

Meruntut ke belakang, pada 2013 Mahkamah Agung telah menyatakan tindakan tersebut sebagai diskriminatif dan inkonstitusional bagian 3 dari Defense of Marriage Act (DOMA), yang membatasi pernikahan untuk pasangan pria-wanita. Ini masih meninggalkan pertanyaan mengenai pernikahan sesama jenis yang harus ditangani oleh masing-masing negara bagian.

Dengan keputusan Mahkamah Agung yang terbaru ini, semua pasangan sesama jenis yang menikah harus secara konstitusional diberikan pengakuan yang sama dengan pasangan lawan jenis di tingkat Negara Bagian atau Wilayah, serta di tingkat Federal.

Keputusan baru mengenai pernikahan sesama jenis ini memberi jalan keluar bagi kasus yang membingungkan atau yang ditolak karena putusan Negara Bagian yang berbeda mengenai pernikahan sesama jenis. Presiden Obama telah mengarahkan Departemen Federal untuk memastikan bahwa manfaat Federal untuk sesama jenis pasangan yang menikah secara resmi dapat dilaksanakan dengan cepat dan lancar.

Sepanjang garis-garis tersebut, efektif dengan segera, Kewarganegaraan dan Layanan Imigrasi (USCIS) telah diarahkan untuk mempertimbangkan kembali petisi Visa yang diajukan atas nama pasangan sesama jenis seolah-olah mereka telah mengajukan atas nama pasangan lawan jenis.

Ada banyak kasus yang kini telah menjadi lebih tertentu berdasarkan putusan ini. Jika Anda adalah seorang Warga Negara AS atau Penduduk Tetap di pernikahan sesama jenis untuk Warga Negara Asing, kini Anda dapat mensponsori pasangan Anda dengan mengajukan Formulir I-130, dan diterimanya pasangan Anda akan ditentukan semata-mata oleh hukum imigrasi, dan tidak dapat dibantah karena sifat sesama jenis hubungan Anda.

Untuk kasus serupa di mana seseorang berencana untuk menikah dengan Warga Negara Asing, asalkan persyaratan imigrasi terpenuhi, Anda dapat mengajukan Formulir I-129F untuk mengajukan petisi tunangan Anda berdasarkan pada pertunangan sesama jenis. Secara umum, hukum tempat pernikahan dilaksanakan menentukan apakah pernikahan itu sah secara hukum imigrasi. USCIS akan menerapkan hukum-hukum yang relevan dalam menentukan keabsahan pernikahan sesama jenis seperti yang telah berlaku pada keabsahan pernikahan lawan jenis.

Di bawah hukum imigrasi AS, kelayakan seseorang untuk mendapatkan banyak manfaat tergantung pada arti dari “pasangan“ atau “pernikahan“ dalam teks hukum. Untuk kasus di mana seorang alien berusaha untuk memenuhi syarat sebagai pasangan dari seorang imigran, pernikahan sesama jenis akan dianggap sama seperti pernikahan lawan jenis. Juga untuk kasus-kasus di mana perkawinan individu sendiri, atau dari orang tuanya, dapat memengaruhi apakah individu yang akan memenuhi syarat sebagai seorang anak, orang tua, atau saudara kandung dari seorang Warga Negara AS atau Penduduk Tetap, pernikahan sesama jenis diperlakukan sama sebagai pernikahan lawan jenis.

Dalam hal aplikasi dan petisi baru sudah tidak perlu menunggu peraturan USCIS baru. Interpretasi dari peraturan akan memperlakukan kasus sesama jenis dengan cara yang sama seperti kasus lawan jenis. Bahkan, untuk kasus-kasus sebelumnya ditolak semata-mata karena DOMA bagian 3, USCIS akan mempertimbangkan kembali keputusan sebelumnya, serta akan membuka kembali aplikasi-aplikasi yang telah dibantah sebagai akibat dari penolakan Formulir I-130 dan Formulir I-485 yang diajukan pada waktu bersamaan.

Jika otorisasi pekerjaan dicabut atau ditolak karena penolakan dari Formulir I-485, pencabutan atau penolakan akan dipertimbangkan kembali pada waktu yang sama, dan jika perlu, Dokumen Otorisasi Ketenagakerjaan baru (EAD) akan diberikan.

Untuk kasus di mana USCIS telah mendapat informasi biometrik pemohon di Application Support Center (ASC), sebuah EAD baru akan dibuat dan disampaikan tanpa tindakan lebih lanjut dari pemohon. Untuk kasus di mana USCIS belum memperoleh informasi biometrik, pemohon akan dijadwalkan sebuah ASC janji. Berdasarkan prosedur ini, tidak ada biaya tambahan yang akan diperlukan untuk meminta USCIS untuk mempertimbangkan membuka kembali permohonan atau aplikasi.

Alternatif dari prosedur ini, Anda dapat mengajukan permohonan baru atau aplikasi sejauh yang telah disediakan oleh hukum dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk formulir, termasuk pembayaran biaya yang berlaku seperti yang telah diarahkan.

Sebagian besar kasus naturalisasi membutuhkan lima tahun penetapan di AS setelah menjadi Penduduk Tetap sah, tetapi menurut Undang-undang Imigrasi, naturalisasi dapat dilakukan setelah penetapan tiga tahun di AS jika seseorang telah menetap dan menikah dengan pasangan Warga Negara AS.

Hal ini berlaku persis terhadap pernikahan sesama jenis. Seperti yang berkaitan dengan kondisi pengabaian, pernikahan sesama jenis akan diperlakukan sama persis dengan pernikahan lawan jenis di mana setiap kali sebuah hukum imigrasi, kondisi kelayakan untuk pengabaian pada keberadaan pernikahan atau status sebagai pasangan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menjadwalkan janji dengan menghubungi kami di Kantor Pengacara Jason Y Lie, APC, Spesialis di Hukum Imigrasi (213) 382-0033. Kantor Pengacara Jason Y. Lie, APC juga menangani Hukum Bisnis, Kecelakaan dan Kriminal.

Catatan:
Informasi yang disediakan di atas adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak seharusnya digunakan sebagai nasihat hukum.
Jason Y Lie, APC