KabariNews – Legalisasi imigran gelap memang isu imigrasi paling hangat di Amerika saat ini. Kongres (Senat dan House) diharapkan memperdebatkan isi UU reformasi imigrasi musim panas 2013 ini. Sampai kini belum ada satu Rancangan Undang-Undang pun yang diteken menjadi Undang-Undang oleh Presiden Obama.

Dalam pada itu, tidak heran jika ada iklan berkaitan dengan jasa pengurusan legalisasi imigran gelap oleh konsultan imigrasi yang mengincar dollar anda. Ada aneka rupa dan berbagai macam trik. Berikut adalah kebohongan lazim konsultan/ calo imigrasi nakal di Amerika:
Memperdayai imigran yang kurang paham Hukum Imigrasi AS dan bahasa Inggris, konsultan/ calo imigrasi nakal sering beroperasi seperti Kantor Pengacara Imigrasi. Anda perlu hati-hati dengan iklan penawaran jasa legal di media cetak ataupun elektronik/ web. Bisa saja mereka punya izin usaha dari pemerintah kota/ negara bagian, tetapi tidak memiliki sertifikasi dari BIA (Board of Immigration Appeal) untuk memberikan konsultasi imigrasi (nasehat hukum) kepada imigran. BIA adalah instansi pemerintah federal AS yang mengurusi perizinan untuk organisasi nirlaba atau individu bukan Pengacara.

Untuk mengelabuhi calon konsumen, konsultan imigrasi biasanya memakai nama Notario Publico di kalangan imigran Hispanik di AS. Di negara-negara Amerika Latin, Notario Publico merupakan istilah lazim advokat dengan pendidikan hukum tertentu. Tetapi, istilah Public Notary di Amerika Serikat bermakna dan berkualifikasi lain. Di California, cuma perlu 6 jam studi wajib sebelum mengambil ujian Notaris. Public Notary (Notaris) di Amerika Serikat adalah seseorang yang punya izin Pemerintah Negara Bagian untuk menjadi saksi penandatangan dokumen penting dan saksi pengambilan sumpah. Notaris bukan Pengacara dan tidak boleh memberikan nasehat imigrasi.

Konsultan imigrasi kadang berkantor/ merangkap pekerjaan di kantor akuntan, penyedia jasa pajak tahunan (Tax Preparer), Paralegal atau penerjemah. Mereka bukanlah Pengacara Imigrasi dan secara legal tidak boleh memberikan nasehat imigrasi. Anda, imigran, berhak menanyakan apakah yang bersangkutan memiliki sertifikasi BIA (BIA-certified) untuk mengerjakan/ mempersiapkan dokumen imigrasi Anda ke USCIS (Kantor Imigrasi AS).

Biasanya sesumbar bahwa mereka punya koneksi atau kenal orang dalam USCIS (Kantor Imigrasi dan Kewarganegaraan AS). Dan, bahkan berjanji akan mempercepat proses imigrasi tertentu. Anda patut curiga jika ada orang yang berani menjamin hasil 100% untuk semua aplikasi anda ke USCIS. Tidak segan-segan mengenakan fee (ongkos) sangat tinggi untuk imigran dengan penghasilan minim dan tidak berbuat apapun. Konsultan/ calo imigrasi nakal juga tidak ragu-ragu untuk menakut-nakuti dan mengancam imigran. Nekad mengiming-imingi imigran dengan janji surga. Antara lain, dengan mengajukan aplikasi untuk program imigrasi yang sebetulnya tidak ada atau meyakinkan imigran untuk mengajukan program imigrasi tertentu, padahal imigran belum tentu memenuhi syarat.

Secara ilegal berani mengajukan asylum (suaka) dengan cerita bohongan atas nama imigran yang buta hukum dan kurang bisa berbahasa Inggris. Padahal, imigran yang bersangkutan sama sekali tidak mengerti apa isi aplikasi yang diajukan. Jangan percaya dengan iming-iming tentang Kartu Ijin Kerja (Employment Authorization Document). Biasanya pelamar suaka bisa mengajukan Kartu Ijin Kerja sementara, 150 hari setelah lamaran suaka diajukan. Tetapi, ini bukan jaminan yang bersangkutan memperoleh Green Card (izin menetap seterusnya di AS). Berani mengajukan lamaran untuk program yang masih belum jelas ketahuan aturan atau hukumnya, seperti legalisasi imigran gelap.(1006)