KabariNews – Sambutan meriah menggema saat USANA Health Sciences  – perusahaan nutrisi global asal AS – mengumumkan akan membuka kantor cabangnya di Indonesia dan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. USANA akan berkantor di kawasan Jakarta Central Business District, dan ekspansi internasional ini menandai pasar ke-20 USANA di luar AS.

Indonesia yang dikenal sebagai Jamrud Khatulistiwa, dan keunggulan geografisnya ini merupakan alasan utama USANA untuk berekspansi ke pasar Indonesia. Selain itu, tak sedikit warga negara Indonesia yang tersebar di negara-negara tetangga seperti Australia, Selandia Baru, Singapura, Filipina dan Malaysia, sehinga menjadikan ekspansi ini ideal dan menjanjikan bagi USANA.

“Sebelum memutuskan untuk berekspansi ke pasar baru, kami tentunya harus berantisipasi terhadap segala sesuatu terlebih dahulu, namun ternyata respon dari pengumuman ekpansi kami ke pasar Indonesia sungguh di luar dugaan kami,” ujar Wakil Direktur Eksekutif USANA kawasan Asia Pasifik, David Mulham. “Dari semua negara yang kami survei, sejauh ini Indonesia adalah negara dengan permintaan paling banyak.”

Indonesia masuk dalam daftar Direct Selling’s Billion Dollar Market pada tahun 2011, dengan total penjualan 1 milyar dolar dan 10 persen pertumbuhan total penjualan lebih dari 2010 statistik. Diperkirakan sekitar 8.3 juta penduduk merupakan penjual langsung. Negara dengan penduduk terpadat ke-empat di dunia. Negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat ke lima di dunia – golongan kelas menengah diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.

“Pasar ini sangat penting bagi pertumbuhan dan kesuksesan strategis jangka panjang USANA,” ungkap CEO USANA , Dave Wentz. “Dan yang paling penting, ini adalah langkah selanjutnya untuk mewujudkan visi ayah saya yang bercita-cita menciptakan dunia yang bebas dari rasa sakit dan penderitaan. Dan untuk itulah USANA didirikan.”

USANA akan masuk ke pasar Indonesia dengan memperkenalkan produk andalannya, Essentials, bersama dengan berbagai layanan bernilai tambah lainnya. Kantor USANA di Jakarta disiapkan untuk menjadi kantor untuk para karyawan, pusat pengiriman barang, area pertemuan distributor, dan beberapa ruang pertemuan besar. (1009)