KabariNews – Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-6 sebagai negara sumber impor kopi AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49%, setelah Brasil (22,80%), Kolombia (19,79%), Vietnam (8,48%), Kanada (6,56%), dan Guatemala (6,13%). Indonesia naik satu peringkat tahun ini dibandingkan tahun lalu (2014/2013).

Berdasarkan data statistik dari U.S. Department of Commerce, Bureau of Census, impor kopi (HS 0901) AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 mencapai US$323,10 juta atau mengalami kenaikan sebesar 11,29% dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar US$290,34 juta.

Sementara itu, impor kopi AS dari dunia untuk periode Januari-Desember 2014 sebesar US$5,88 milyar atau meningkat sebanyak 10,46% dibandingkan periode yang sama tahun 2013. “Peningkatan nilai ekspor tersebut adalah cerminan keberhasilan pameran tahun sebelumnya,” kata Ni Made Ayu Marthini, Atase Perdagangan R.I. di Washington D.C dalam siaran persnya.

Untuk terus meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke AS,  tahun   ini   Indonesia   kembali berpartisipasi di pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) yang akan diselenggarakan di Seattle, Washington State, Amerika Serikat pada tanggal 9-12 April   2015.   “Kali   ini   Indonesia   akan membawa 39 jenis kopi spesial yang berasal dari Sumatera, Jawa dan Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Flores dan Papua ke SCAA,” tambah Made

Dari 39 jenis kopi spesial yang ditampilkan di SCAA akan dipilih sembilan jenis kopi spesial yang terbaik untuk disajikan setiap hari ke pengunjung, yaitu Flores Arabica Manggarai, West Java Arabica Preanger ‘Malabar Mountain’, Sulawesi Arabica Toraja‘Toarco-PB’,  Sumatera  Arabica Wahana  Natural,  Flores  Arabica  ‘Blue  Flores’,  Bali Arabica ‘Kintamani Natural’, Sumatera Arabica ‘Lintong Boemi Coffee’, Sumatera Arabica ‘Solok Minang’, dan Sumatera Arabica Gayo ‘Retro’.

Sekedar catatan, Specialty Coffee Association of America (SCAA) merupakan asosiasi specialty coffee terbesar di Amerika Serikat dan bahkan di dunia dengan hampir 3.000 anggota perusahaan. SCAA didirikan pertama kali pada tahun 1982 oleh sekelompok ahli kopi yang mencari wadah yang sama untuk mendiskusikan permasalahan dan penetapan standar kualitas bagi perdagangan komoditas specialty coffee. Para anggota SCAA pantas dianggap sebagai pendorong pertumbuhan industri specialty coffee pada 25 tahun belakangan ini. Setiap tahunnya, SCAA mengadakan pameran yang dilakukan secara bergilir di East Coast dan West Coast. (1009)