KabariNews – Untuk memperkuat kembali kerja sama antarnegara Asia dan Afrika, pemerintah berencana mengusulkan pembentukan Asia Afrika Center. Usulan tersebut rencananya akan disampaikan pada pada peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika pada 19-24 April di Bandung. “Indonesia siap untuk mengusulkan pembentukan Asia Afrika Center, pusat aktivitas kerjasama, pertukaran pengetahuan dan diskusi, serta memperkuat hubungan Asia Afrika yang sudah berlangsung,” kata Retno Masurdi, Menteri Luar Negeri Rabu (8/4) seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Retno menegaskan pendirian Asia Afrika Center ini bertujuan memperkuat kerja sama antarpemimpin di negara Asia dan Afrika. Meski demikian, imbuhnya, usulan tersebut tidak bisa disampaikan oleh Indonesia saja namun perlu mendapat dukungan dari negara peserta lain. “Kita perlu negara  lain untuk mendukung ini agar hubungan Asia Afrika makin dekat,” katanya.

Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 yang menghasilkan Dasasila Bandung, kata Retno,  perlu diwujudkan dalam bentuk kerja sama yang lebih konkrit. Bahkan kerja sama Selatan-Selatan menurutnya juga musti diperkuat. “Kerja sama Selatan-Selatan dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran dunia,” katanya.

Meski demikian, kerja sama antar negara Asia Afrika selama enam puluh tahun tidak pernah terlembagakan dalam sebuah forum pertemuan yang digelar secara rutin. Padahal sudah banyak forum pertemuan internasional seperti The Asia–Europe Meeting (ASEM), forum pertemuan negara Asia dan Eropa.

Lalu ada APEC, forum pertemuan negara Asia Pasifik. Selanjutnya ada forum pertemuan negara Asia Timur dengan Amerika Latin, Forum for East Asia and Latin America Cooperation (FEALAC). Oleh karena itu, menurutnya, negara-negara di Asia dan Afrika perlu membentuk forum untuk menjembatani hubungan kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang. “Kita membutuhkannya?ya. Kerja sama antara Asia dan Afrika harus diperkuat,” katanya. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76358

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1